oleh Jorie M R Darondo

Manado, 18/6 (Antaranews Sulut) - Waktu kunjungan besuk bagi Anak Didik Pemasyarakatan (andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tomohon usai Idul Fitri 1439 Hijryah, kembali semula seperti biasanya.

"Mulai hari ini, waktu kunjungan besuk kembali semula dari pukul 09.00-14.00 WITA," kata Kepala LPKA Tomohon Tjahja Rediantana melalui Koordinator Humas Marla Shanty Mait, di Manado, Senin.

Ia mengatakan, sebelumnya pada saat Idul Fitri, Jumat (15/6) dan Sabtu (16/6) waktu kunjungan ditambah menjadi pukul 09.00-15.00 WITA.

Tujuan kunjungan yaitu memberikan kesempatan kepada orang tua, sanak saudara, kerabat bahkan warga untuk datang bersilahturahmi dengan saudara, anak mereka yang sedang menjalani masa pidana di LPKA Tomohon.

Banyak yang memanfaatkan waktu kunjungan itu, bahkan terdapat seorang narapidana atau andikpas ada 20 orang kerabat, saudara yang mengujungi narapidana tersebut.

"Pada Lebaran hari kedua pengunjung ke LPKA Tomohon, mencapai sekitar 132 orang," katanya.

Ia mengatakan, pengamanan, pengawasan terhadap pengunjung di saat Lebaran tetap diperketat sesuai dengan prosedur.

Pembesuk antara lain melalui loket depan mendaftar dan menyebutkan nama andikpas atau warga binaan yang akan dikunjungi.

Selanjutnya petugas mencatat pada buku pendaftaran, serta pengunjung menyerahkan kartu identitas seperti KTP.

Setelah pengunjung masuk, pengunjung dipersilahkan masuk ke ruang geledah, bawaan dari pengunjung diperiksa juga dan untuk handphone dititip di loker yang tersedia

Pengunjung digeledah dengan menggunakan X-Ray dan geledah badan berbusana.

Untuk pengunjung yang perempuan digeledah oleh petugas perempuan dan begitu juga laki- laki digeledah oleh petugas laki-laki.

"Semuanya dilakukan sesuai SOP," katanya.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024