Jakarta (Antaranews Sulut) - Rusia mengawali kiprahnya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dengan mencetak kemenangan besar 5-0 atas Kerajaan Saudi Arabia, di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis.

Kemenangan besar yang tercipta berkat sumbangsih dua gol Denis Cheryshev itu memastikan Rusia  bertengger di urutan teratas klasemen Grup A yang juga ditempati Mesir dan Uruguay.

Prodiktivitas lima gol yang dikemas pasukan Stanislav Cherchesov itu, membuat Mesir dan Uruguay setidaknya harus menciptakan setengah lusin selisih gol guna melewati catatan gol Rusia pada laga pertama.

Posisi akhir 5-0 dikuasai Rusia setelah Yuri Gazinski mencetak gol perdana di menit ke-12, disusul Denis Cherishev (43 dan 90+1), Artem Dzyuba (71), dan Aleksandr Golovin (90+4). Pasukan Rusia yang dipimpin kapten mereka, Igor Akinfeev, sangat digjaya di hadapan tim Arab Saudi yang dipimpin Osama Hawsawi. 

Dalam tiga Piala Dunia terakhir, Rusia mampu mencetak empat gol (2002), dua gol (2014), dan lima gol (2018, posisi sementara). Rusia dan Arab Saudi berada di Grup A Piala Dunia 2018 bersama Mesir dan Uruguay.

Klasemen grup A akan kembali bergerak dinamis setelah laga kedua fase grup saat Rusia menjamu Mesir, dan Uruguay melawan Arab Saudi pada Rabu pekan depan.


Berikut statistik permainan Rusia vs Arab:
(Rusia disebutkan pertama)

Penguasaan bola: 40 - 60 persen
Sepakan on-target:  7 - 0
Sepakan off-target: 3 - 3
Sepakan diblokir: 3 - 3
Sepak pojok: 6 - 3
Offside: 3 -1
Man of the Match: Denis Cheryshev

Klasemen sementara Grup A:
 
Group A
TIM               Main    Selisih Gol    Nilai
 Rusia               1          5 - 0           3
 Arab Saudi       0          0 - 5           0
Mesir                 0          0 - 0           0
 Uruguay           0          0 - 0           0

Pewarta : Antaranews.com
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024