Minahasa Tenggara, 11/6 (Antaranews Sulut) - 121 personil dari Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) akan mengamankan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Tenggara.

"Mulai hari ini sampai 6 Juli mendatang, ada 121 personil Polda dari berbagai jajaran yang akan mengamankan pelaksanaan Pilkada Minahasa Tenggara," kata?Kabag Ops Polres Minahasa Selatan Kompol Jecky Lapian di Ratahan, Senin.

Menurut Jacky, para personil Polda tersebut akan mengamankan logistik serta ?tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

"Tapi kalau ada perubahan nanti akan ditindak lanjuti dengan surat perintah yang akan diperpanjang?," jelasnya.

121 personil gabungan tersebut terdiri dari?staf Polda 52 personil, Polair 30 personil dan Brimob 39? personil.

Lebih lanjut kata Jecky, para personil tersebut menjadi tanggung jawab kapolres Minahasa Selatan AKBP FX Winardi Prabowo.

"Jika ada kepentingan keperluan lainnya diatensi laporkan ke komandan pasukan, bagi yang tidak hadir akan dilaporkan kepada pimpinan. Karena ini printah Kapolda untuk di BKO kan ke polres," tegasnya.

Selain mengerahkan personil, sejumlah peralata pengamanan diikutsertakan seperti, satu unit kendaraan water cannon, tiga unit mobil box besar dan satu unit mobil rantis.

Sementara itu Kapolsek Ratahan Kompol Semmy Pandelaki selaku pimpinan wilayah Ratahan, menambahkan pihaknya terbantu dengan hadirnya bantuan kendali operasi (BKO).

"Dalam rangka pengamanan Pilkada Minahasa Tenggara, nantinya kami akan melakukan patroli-patroli di berbagai wilayah, sehingga pelaksanan pilkada bisa terlaksana dan berjalan dengan aman," tandasnya.

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024