Sangihe,  (Antara) - Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana meminta jajaran dinas terkait mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat saat arus mudik dan balik Lebaran 2018.

"Kami minta semua jajaran pemerintah daerah mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat yang akan mudik dan merayakan Lebaran," kata Bupati Jabes di Tahuna, Kamis.

Menurut Bupati, kepentingan dan kenyamanan masyarakat yang akan mudik harus menjadi perhatian dinas perhubungan.

"Jajaran dinas perhubungan harus mampu memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat yang akan mudik Lebaran baik dengan kendaraan darat maupun melalui angkutan laut," kata Bupati.

Dia mengatakan, pemerintah harus memberikan jaminan kepada masyarakat yang akan mudik berupa angkutan yang tersedia dan nyaman untuk digunakan.

"Pemerintah harus memberikan kepastian bahwa armada yang digunakan masyarakat untuk mudik, nyaman dan aman sampai tujuan," kata Bupati.

Demi memberikan pelayanan yang maksimal, kata Bupati, pantauan dan peninjauan pada titik-titik rawan kecelakaan termasuk pemeriksaan kelaikan kendaraan darat harus dilakukan secara teliti.

"Informasikan secara berkala kepada masyarakat tentang jalur jalan yang rawan terjadinya kecelakaan agar masyarakat bisa berhati-hati," kata dia.

Kepala dinas Perhubungan Kepulauan Sangihe Frans Poraw menambahkan arus mudik di wilayah Kepulauan Sangihe masih normal baik laut dan darat serta udara.

"Sampai saat ini belum ada lonjakan penumpang baik melalui angkutan laut dan darat serta udara," kata dia.

Dia juga terus menyampaikan imbauan kepada semua pengemudi kendaraan darat serta kapal laut untuk tetap berhati-hati agar bisa tiba di tempat tujuan dengan aman.

"Kami terus menyampaikan imbauan kepada semua pengendara agar tetap meningkatkan kewaspadaan sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.

(T.KR-JRL/B/K007/K007) 07-06-2018 10:27:58

Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024