Manado, (Antaranews Sulut) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw mengajak masyarakat meningkatkan minat membaca guna membentuk karakter sumber daya manusia yang memiliki wawasan luas.

"Sarana dan prasarana membaca, seperti perpustakaan, taman bacaan atau rumah baca sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia," kata Wagub Kandouw pada "Road Show Perpustakaan" Provinsi Sulut yang dimulai dari Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kamis.

Menurut Wagub, arus informasi yang lengkap, akurat, aktual dan terpercaya dapat diperoleh melalui perpustakaan, taman bacaan atau rumah-rumah baca.

Informasi-informasi yang diperoleh tersebut sangat diperlukan agar insan-insan pembangunan dapat menjadi penentu jalannya kehidupan bangsa dan negara kedepan, katanya.

Pada masyarakat maju, kata dia, membaca merupakan fenomena sosial yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas lainnya.

"Mereka sering memanfaatkan waktu luang dengan membaca dimana pun berada, bahkan ketika makan pun masih menyempatkan membaca. Artinya, salah satu ciri hidup masyarakat maju adalah menjadi pembaca sepanjang hayat," katanya.

Dia pun optimistis, masyarakat yang berada di provinsi ujung utara Sulawesi itu memiliki kebiasaan membaca sebagai kegemaran dan kebutuhan sehari-hari.

"Sebagai langkah awal, maka kita harus terlebih dahulu menjadi contoh dengan menjadikan membaca sebagai `the way of life`, sambil terus berupaya menggeser sebuah tradisi membaca yang hanya untuk kepentingan akademik. Selanjutnya, diperlukan langkah strategis lainnya, seperti melalui pelaksanaan kegiatan road show perpustakaan seperti yang dilakukan saat ini," imbuhnya.

"Road Show Perpusatakaan" adalah wahana menyatukan persepsi dan memantapkan komitmen semua pihak dalam aspek pengembangan perpustakaan dan memasyarakatkan budaya membaca agar ke depan masyarakat semakin berpartisipasi aktif memberdayakan perpustakaan.

Hal itu sebagai bentuk dukungan nyata terhadap perwujudan visi pembangunan Sulut serta mampu memberikan sumbangsih pencapaian "Nawa Cita" pembangunan bangsa, menuju terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong, kata Wagub.



(T.K011/B/D016/D016) 24-05-2018 08:56:51

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024