Minahasa Tenggara, 16/5 (Antara) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berencana membudidayakan udang dan bandeng untuk menjadikan komoditas tersebut sebagai andalan perikanan darat.

"Kami sudah melakukan survei untuk lokasi pembudidayaan udang dan bandeng" kata Kepala DKP Minahasa Tenggara Vecky Monigir di Ratahan, Rabu.

Dia menambahkan saat ini telah ada tambak seluas 100 hektare yang telah disurvei oleh pihaknya dan layak untuk dimanfaatkan sebagai pusat pembudidayaan.

"Dari survei yang kami lakukan, tambaknya sudah ada tinggal melaksanakan proses pengembangan dan pembudidayaan," ujarnya.

Lokasi tambak tersebut menurut Vecky berada di beberapa tempat yakni, di Desa Minanga Kecamatan Posumaen dan Desa Watuliney Kecamatan Belang.

Dilanjutkannya, pihaknya telah melakukan pemetaan tambak yang berada di dua desa tersebut, karena besarnya luasan tambak.

"Kami akan melakukan petak-petak, dan pastinya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit," katanya.

Dia berharap pengembangan tersebut dapat dilaksanakan, dan akan membantu kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Minahasa Tenggara.

(T.KR-AIK/B/G004/G004) 16-05-2018 20:48:58

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024