oleh Jorie M R Darondo

Manado, 30/4 (Antaranews Sulut) - Sejumlah kuda unggulan harus mengakui lawan-lawannya pada Kejuaraan Pacuan Kuda Minahasa Cup, memperebutkan Piala Gubernur Sulawesi Utara.

Sekretaris I Pengurus Provinsi Pordasi Sulut, Chris Sondakh di Manado, Senin mengatakan persaingan pada kejuaraan yang berlangsung di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso Minahasa, berlangsung ketat.

"Pada kejuaraan itu, beberapa kuda yang diunggulkan pada kelas bergengsi, harus mengakui keunggulan lawan-lawannya," katanya.

Seperti di kelas terbuka jarak 1.400 Meter (M) kuda Nona Princess dengan joki Febry P dari Prince Star Stable milik F Tumbol yang selalu menang serta sulit? dikalahkan dan? pernah menjadi juara Nasional Seri pertama di Jawa Tengah? tahun 2016? hanya meraih juara tiga.

"Kuda tersebut kalah cepat dari kuda Star Princess  dengan joki Jones P dari Ibantong Stable milik Bupati Bolaang Mongondouw Timur  Sehan Labdjar yang meraih juara pertama dan Kuda Bintang Sri Dewi dengan Joki Bosman P dari Melati Stable milik Meiske Mangalun sebagai juara kedua.

Begitu juga di kelas Derby jarak 1.850 m, yang diikuti 10 kuda derby terbaik di Sulawesi Utara. Kuda  Mc Laren dengan joki Soni W dari Miranda Stable milik Adhi Supit dan Kuda Pershepone dengan joki Febry P dari Berlian Stable milik Jopy Umboh yang diunggulkan favorit juara, ditumbangkan kuda Bombastis dengan joki D Liwe dari Prima Sion Stable milik Stanly Chandra.

"Sementara untuk kelas D jarak 1.100 m, kuda Red Rose dengan joki Jonatan L Hanacaraka Stable milik Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Bambang Waskito terlalu tangguh bagi lawan- lawannya," katanya.

Kalahnya kuda-kuda unggulan di kelas bergengsi, telah di prediksi sebelumnya oleh para pemerhati olahraga berkuda? Sherpa Manembu dan Vicky Kainage.

Kejuaraan Pacuan Kuda Minahasa Cup tersebut juga merupakan  ajang seleksi kontingen Sulawesi Utara mengikuti kejuaraan Nasional Seri pertama di Jawa Tengah.

Ketua Tim Seleksi Pengurus Provinsi Pordasi Sulut wesi Utara Adhi Supit mengatakan sejumlah kuda akan mengikuti Kejuaraan Nasional seri pertama tersebut.

Untuk Kelas Pemula C/ D, kuda Mariah Carey dan Red Dareta, Kelas Pemula A/B, kuda Suko Nagari dan Bijoux Tonsea, Kelas Remaja kuda Mc Kinly, Puan Nagari dan Baron Sulut, Kelas Derby kuda Bombastis dan Pershepone serta Kelas 4 Tahun kuda Rhaegar Nagari.

"Sedangkan untuk pelatih dan joki yang akan mengikuti Kejuaraan Nasional seri 1 masih akan di evaluasi dan selambat-lambatnya minggu depan telah ditetapkan" katanya.

Hasil lengkap kejuaraan Pacuan Kuda Minahasa Cup, untuk Kelas Lokal 600 M, juara pertama kuda Bolang dengan joki B Paseki dari Glory Stable pemilik Glory Manoppo, disusul Kaycee Nagari dengan joki Joukan dari Bendang Stable pemilik Ilham Bahar dan Daboribo dengan joki M Ratu dari Randa Stable pemilik Randa.

Kelas Perdana C/D 800 M juara pertama kuda Petra Lova dengan joki F.Nayoan dari Soputan Stable Pemilik Peter, disusul Putra Fisher dengan joki Jonathan dari Kolibu Stable Pemilik J Kolibu dan Tangguh dengan joki A Pantouw dari Pinabetengan Stable Pemilik H Admodirjo

Kelas Perdana A/B 800 m kuda Trafalgar Nagari dengan joki F Walangitan dari Bendang Stable Pemilik Tonny Supit diikuti Kinesem dengan joki Sonny W, dari Kamang Stable pemilik Selvie Pandean kemudian Zivana dengan joki A Pantouw dari Aaron Racing Stable Pemilik Aaron.

Kellas E/F 1.000 M juara pertama kuda Srikandi Boalemo dengan joki A Pantouw dari Pinabetengan Stable pemilik H Darwis Moridu, diikuti Permata Kasih dengan joki Falentino dari Kasih Stable, Pemilik Hansje Poli diikuti Rose Kampoong dengan joki Jonathan L dari Hanacaraka Stable pemilik Deonisyah Ruthy Waskito

Kelas D 1.100 m juara pertama kuda Red Rose dengan joki Jonathan L dari Hanacaraka Stable pemilik Bambang Waskito, diikuti Pesona Kasih dengan joki Joulan dari Kasih Stable pemilik Hansje Poli dan Double O dengan Joki M. Supit dari Alim Stable, Pemilik Alim

Kelas Pemula C/D 1.Q00 M juara pertama Mariah Carey dengan joki Sonny W dari Miranda Stable pemilik Andrea N Supit, diikuti Red Dareta dengan joki Joulan dari Aragon Stable pemilik Karina Saddak dan Madama Tonsea dengan joki Bosman dari Tonsea Stable pemilik Emil B.Karim

Kelas Pemula A/B, 1.300 m juara pertama Sukma Nagari dengan joki F Walangitan dari Bendang Stable pemilik Ilham Bahar, diikuti Bijoux Tonsea dengan joki F. Nayoan dari Tonsea Stable pemilik Emil B.Karim serta Targa Florio dengan joki F Paendong dari Berlian Stable, Pemilik The Umboh

Kelas Remaja, 1.400 M juara pertama kuda Puan Nagari dengan Jpjoki? S Rorimpandey dari? Bendang Stable pemilik Ilham Bahar, diikuti Baron Sulut dengan joki Hesky dari Kakanda Stable pemilik Kakanda kemudian Turbin MM dengan joki Fary dari M.B. Stable pemilik C.N. Runtu

Kelas Terbuka, 1.400 M juara pertama Star Princess dengan Joki Jones P dari Ibantong Stable pemilik Sehan Landjar diikuti Bintang Sri Dewi dengan Joki Bosman dari Melati Stablempemilik Meiske Mangalun sertabNona Princess dengan joki Febry dari Prince Star Stable pemilik F.Tumbol

Kelas Derby, 1.850 M juara pertama kuda Bombastis dengan joki D Liwe dari Prima Sion Stable pemilik Stanly Chandra diikuti Pershepone dengan joki Febry dari Berlian Stable pemilik Jopy Umboh danKahsmir dengan jokin Jones P dari Ibantong Stable pemilik Sehan Landjar.



(T.J009/B/M019/M019) 30-04-2018 07:24:37

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024