Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Utara meminta KNPI Minahasa Tenggara proaktif mengampanyekan pemilihan kepala daerah (Pilkada) damai.

"Kami dari KNPI Provinsi Sulawesi Utara meminta agar pengurus KNPI di Kabupaten Minahasa Tenggara mengampanyekan Pilkada yang damai pada masyarakat," kata Wakil Ketua Bidang OKK DPD KNPI Sulawesi Utara Stevi Suawa di Ratahan, Sabtu.

Menurutnya kalangan pemuda identik dengan sikap kritis, serta mampu memberikan solusi sekaligus bijak menyikapi setiap kondisi dan situasi yang ada.

"Momentum Pilkada hanya salah satu momentum pesta demokrasi di daerah. Ketika ada potensi terjadinya konflik maka KNPI harus bisa menjadi agen perdamaian," ujarnya.

Dia pun mengharapkan agar para pemuda dibawah koordinasi KNPI Minahasa Tenggara dapat membuka ruang diskusi untuk mengidentifikasi permasalahan dalam Pilkada.

"Boleh tajam berargumentasi termasuk dalam proses demokrasi, maka penting dilakukan diskusi di antara pemuda dengan inisiator KNPI. Silahkan saja, asalkan tetap menjaga kesatuan dan kebersamaan apalagi di organisasi ini," katanya.

Sementara itu Ketua KNPI Minahasa Tenggara yang baru saja dilantik, mengungkapkan untuk mewujudkan setiap program kegiatan, khususnya dalam menghadapi agenda Pilkada diperlukan dukungan semua pengurus sampai ke tingkat bawah.

"Dalam menyukseskan program, maka dukungan semua pengurus sangat penting. Seperti dalam kontestasi Pilkada di Minahasa Tenggara, KNPI siap menjadi agen perdamaian dalam mewujudkan Pilkada yang damai," tandasnya.

(T.KR-AIK/B/G004/G004) 28-04-2018 07:16:53

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024