Minahasa, (Antaranews Sulut) - Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut mendukung gerakan memasyarakatkan makan ikan(Gemarikan) dengan menggelar lomba menu serba ikan.

"Lomba menu serba ikan yang diikuti utusan PKK tiap kecamatan di Kabupaten Minahasa tersebut berlangsung di Taman Cita Waya Langowan Kabupaten Minahasa,Rabu(25/4)," kata Ketua TP-PKK Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan di Manado, Kamis.

Rita mengatakan tujuan diadakannya lomba ini untuk menyebarluaskan sekaligus menginformasikan kepada masyarakat agar gemar makan ikan sebagai sumber protein yang sangat dibutuhkan tubuh.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan ibu-ibu PKK dalam mengelola masakan sumber serba ikan. Selain itu bagaimana menghasilkan masakan yang mengundang selera serta mempromosikan keanekaragaman bahan pangan dan menyebarluaskan kandungan yang bergizi dalam berbagai jenis ikan.

Kegiatan ini juga merupakan sarana pengembangan usaha produktif keluarga, dimana PKK dalam hal ini merupakan sebuah gerakan untuk membangun dan membina kelompok-kelompok unit terkecil lainnya.

"Melalui kerja sama ini, ibu-ibu yang tergabung dalam TP-PKK khususnya di tingkat kecamatan se-Kabupaten Minahasa dapat menambah kreativitas maupun pemahaman mengenai pengolahan makanan serba ikan," ujarnya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Helly Grace Mewoh-Pongoh pada kesempatan itu memberikan apresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada jajaran TP-PKK Sulut yang telah memprakarsai kegiatan ini.

"Tentunya ada rasa bangga ketika menjadi tuan rumah dan telah melaksanakan beberapa perlombaan dengan hasil yang memuaskan. Bagi kecamatan yang jadi juara dan akan mewakili Kabupaten Minahasa dalam kegiatan seperti ini di tingkat provinsi harus lebih mengembangkan kreatifitas dan boleh meraih prestasi," ungkapnya.

Kecamatan Kakas berhasil menjadi juara pertama dan secara otomatis akan mewakili Kabupaten Minahasa dalam lomba menu serba ikan tingkat Provinsi Sulut.

Kegiatan turut dihadiri seluruh jajaran TP-PKK Sulut, TP-PKK Minahasa, Kepala DKP Sulut Ronald Sorongan, Kepala DKP Minahasa Revli Mambu serta utusan pengurus dan anggota PKK kecamatan se-Kabupaten Minahasa.








(T.KR-MDY/B/G004/G004) 26-04-2018 16:00:13

Pewarta : Martsindy Adelfrits Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024