Tomohon, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara, membangun dua unit rumah tunggu kelahiran untuk membantu ibu hamil dalam proses persalinan.

"Sasaran pemberian layanan pada fasilitas ini adalah ibu hamil yang berdomisili di Kota Tomohon," kata Sekretaris Daerah Kota Tomohon Harold V Lolowang di Tomohon, Rabu.

Lolowang pada "Sosialisasi Jaminan Persalinan dan RTK" bagi camat, lurah, dan kader kesehatan mengatakan fasilitas ini dibangun untuk memberikan kemudahan akses ibu hamil.

Dua sarana rumah tunggu kelahiran (RTK) yang dibangun berada di Kelurahan Kolongam Satu yang berdekatkan dengan Rumah Sakit Gunung Maria dan Kelurahan Talete Satu dekat Rumah Sakit Bethesda, katanya.

"RTK dikelola masyarakat bekerja sama dengan pemerintah kelurahan dan puskesmas," katanya.

Ia mengatakan sektor kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional untuk mewujudkan visi dan misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Upaya ini merupakan implementasi "Nawa Cita" kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui pelaksanaan program Indonesia Sehat lewat pendekatan keluarga.

"Dengan adanya bantuan dana dari pemerintah pusat yang dikelola oleh daerah diharapkan program ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh semua masyarakat," harapnya.

Dia berharap sosialisasi yang dilakukan pemerintah kecamatan, kelurahan bahkan kader kesehatan bersama-sama meningkatkan peran masyarakat semakin mandiri sehingga kualitas kesehatan masyarakat di Kota Tomohon terus meningkat.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan Moudy S Pusung dari sosialisasi ini diharapkan meningkatkan akses pelayanan kesehatan serta menurunkan angka kematian akibat keterlambatan penanganan bagi ibu hamil, bersalin, dan nifas.







(T.K011/B/B015/B015) 25-04-2018 07:42:30

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024