Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Tenggara mendapati tujuh kasus demam berdarah dengue (DBD) di sejumlah desa dan kelurahan.

"Sampai bulan April ini sudah ada tujuh kasus demam berdarah yang kami dapati," kata Kepala Dinkes Kabupaten Minahasa Tenggara Helni Ratuliu di Ratahan, Senin.

Dia mengungkapkan kejadian DBD tersebut terjadi di Desa Kalait, Kelurahan Nataan, Kelurahan Lowu Utara, Desa Ratatotok, Kelurahan Lowu dua kasus dan kelurahan Wawali.

"Kami langsung melakukan penanganan terlebih dahulu, kemudian melakukan pengasapan sebagai pengendalian nyamuk," ujarnya.

Dia meminta, dengan adanya kasus DBD tersebut masyarakat dapat lebih aktif menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal.

"Yang perlu dilakukan dengan pemberantasan sarang nyamuk, kemudian dengan tiga M, yakni mengubur menguras dan menutup," jelasnya.

Helni pun meminta agar pihak Puskesmas bekerja sama dengan pemerintah kecamatan, desa serta kelurahan aktif menyosialisasikan kebersihan lingkungan.

"Kami meminta pihak Puskesmas bersama dengan pemerintah di wilayah mereka masing-masing dapat mensosialisasikan kebersihan lingkungan untuk mencegah terjadinya DBD," tandasnya.

(T.KR-AIK/B/G004/G004) 23-04-2018 20:36:36

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024