Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Pengurus Pusat Koperasi Unit Desa (Puskud) Provinsi Sulawesi Utara melakukan pendampingan kepada para petani di Kabupaten Minahasa Tenggara terkait dengan orientasi penyelesaian masalah kemiskinan.

"Kami melakukan pendampingan sekaligus sosialisasi kepada para petani di Kabupaten Minahasa Tenggara dalam rangka mendukung program pemerintah provinsi, yakni orientasi daerah selesaikan kemiskinan," kata Ketua Puskud Sulut Ratu Daereda di Minahasa Tenggara, Selasa.

Pihaknya bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sulut memberikan bantuan kepada para petani untuk mendukung usaha pertaniannya.

"Untuk lebih menggairahkan para petani yang tergabung dalam Koperasi Unit Desa atau KUD kami akan memberi bantuan pupuk serta pendampingan pembudidayaan vanili," ujarnya.

Sejumlah petani mengungkapkan adanya perhatian Puskud dan pemerintah provinsi akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan para petani.

"Perhatian dari pemerintah ini sangat penting. Apalagi kami para petani sering disuruh menanam salah satu komoditi ketika harganya bagus. Tapi saat panen harganya anjlok," kata salah satu petani setempat, Jantje Losung.

Ketua KUD "Kekal" Desa Liwutung, Kecamatan Pasan, Berty Kawengian, mengatakan sebagian besar petani di Liwutung dan sekitarnya sedang giat mengembangkan vanili.

"Untuk saat ini memang para petani sedang giat-giatnya menanam vanili, karena faktor kondisi harganya yang sedang baik," ujarnya.



(T.KR-AIK/B/M029/M029) 24-04-2018 07:27:25

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024