Jakarta, (Antaranews Sulut) - Asus kembali meluncurkan Zenfone 5Q untuk pecinta foto di Indonesia, yang dilengkapi dengan empat kamera sekaligus.

Mengawali debutnya di seri ZenFone 5 atau generasi ke lima, ASUS Indonesia
menghadirkan varian dari lini produk terbarunya, ASUS ZenFone 5Q.

Smartphone atau ponsel yang dilengkapi desain elegan seperti varian flagship ASUS sebelumnya, kali ini lebih menitik beratkan pada kemampuan memotret wide angle.

Pada seri terbaru kali ini ASUS menghadirkan terobosan. 

Menurut Brand Ambassador Asus Tatjana Saphira Zenfone 5Q memiliki 4 kamera, masing-masing 2 di depan dan 2 di belakang. 

"ASUS menyediakan tambahan kamera dengan lensa wide, yakni di bagian depan dan di bagian belakang. Dengan kamera resolusi tinggi, 20MP di depan dan 16MP di belakang, keduanya dilengkapi kamera tambahan 120o," katanya.

Lebih jauh dikatakan Regional Director ASUS South East Asia, Benjamin Yeh, tidak seperti metode kompetitor lainnya, tiap kamera pada ZenFone 5Q bekerja secara independen untuk menghadirkan gambar yang sempurna.

"Smartphone berlayar IPS 6 inci dengan resolusi FullHD + serta display full view ini memiliki aspek ratio kekinian 18:9 dan bezel ultra tipis. Sehingga membuat ZenFone 5Q mudah dikantongi di saku sebagaimana smartphone berukuran layar 5,5 inci biasa," ujarnya.

Namun diperkuat oleh Qualcomm Snapdragon 630 Mobile Platform, ZenFone 5Q menghasilkan performa luar biasa, baterai 3.300mAh berikut keamanan tingkat tinggi maupun fitur yang menghadirkan kenyamanan. Mulai dari NFC, face unlock kecepatan tinggi, sensor sidik jari hingga fitur dual SIM.

Kreativitas Tanpa Batas

Didesain khusus bagi pecinta foto, ZenFone 5Q memiliki fitur sangat menarik. Pasalnya, menjadi ponsel pertama di dunia dengan dengan sistem empat kamera yang berfungsi secara penuh dan bekerja secara independen. Di mana setiap kamera utamanya, yaitu kamera Sony 20MP di bagian depan dan kamera 16MP di bagian belakang, masing-masing ditemani oleh kamera wide angle 120o di belakang.

Konfigurasi empat kamera ini menghadirkan sudut pandang dua kali lipat lebih luas dibandingkan lensa standar. Artinya, pengguna lebih leluasa untuk berkreasi dan mengambil foto dengan sangat luas.

“Dibandingkan konfigurasi empat kamera dari kompetitor, kamera sekundernya hanya bekerja untuk membantu kamera utama. Misalnya untuk menghadirkan efek khusus. Namun ZenFone 5Q, keempat kamera dapat digunakan secara individual, tanpa batasan kreativitas namun menyediakan kebebasan bagi pengguna mendapatkan foto terbaik," ucapnya.

Hadirnya pilihan foto standar atau ultrawide, baik depan ataupun belakang, ZenFone 5Q menjadikan pengambilan foto selfie, wefie, landscape, portrait ataupun group shot akan sangat leluasa.

ZenFone 5Q juga menyediakan fitur ASUS BeautyLife, teknologi live-beautification yang didukung live-streaming video untuk Facebook, YouTube, Twitter, Instagram dan platform media sosial lainnya. Pengguna dapat memilih berbagai opsi peningkatan penampilan. Mulai dari menghapus noda di wajah, sampai mengubah warna kulit secara real-time. 

Ada pula modus Mirroring untuk mencegah video yang terbalik yang sangat mengganggu dan membuat sulit membaca teks yang ditangkap kamera. Ditambah fitur Beautification yang dapat ditingkatkan dengan adanya softlight LED flash sehingga menghadirkan skin tone yang sempurna dalam foto atau pun saat melakukan live-streaming di kondisi pencahayaan minim.

Performa Tinggi dan Tampilan Luas

ZenFone 5Q diperkuat oleh Qualcomm Snapdragon 630 Mobile Platform dengan RAM sebesar 4GB untuk menghasilkan performa CPU dan GPU yang mumpuni. Efisiensi energi yang baik yang dimiliki oleh teknologi prosesor 14 nanometer FinFET Low Power Plus miliki  Qualcomm Snapdragon 630 Mobile Platform, dikombinasikan dengan baterai 3.300mAh menawarkan standby time hingga 24 hari, talk time hingga 30 jam, bahkan memutar musik hingga 4 hari non stop.

Tak hanya itu, untuk performa jaringan yang tinggi di dalam berbagai situasi, ZenFone 5Q mendukung kecepatan download 4G LTE hingga 400Mbps dan hingga 75Mbps untuk kecepatan upload. Ada 3 slot yang disediakan ASUS pada smartphone ini. Dua slot untuk m Untuk jaringan WiFi, ia mendukung dual band 802.11ac.

ZenFone 5Q juga sudah mendukung teknologi NFC untuk kenyamanan dan keamanan transaksi tanpa uang tunai dengan Google Pay ataupun sistem pembayaran lainnya. “ASUS melihat bahwa metode NFC sudah sangat luas penggunaannya di Indonesia dan ini saatnya kami menghadirkan fitur NFC pada smartphone mainstream kami,” sebut Benjamin.

Untuk akses cepat ke sistem operasi, ZenFone 5Q memiliki fitur Rapid Face-Unlock Technology, sangat ideal membuka kunci saat jari sedang basah atau pun kotor. Sehingga mencegah orang yang tidak berkepentingan melihat notifikasi yang muncul di lock-screen. Tersedia sensor sidik jari di bagian belakang yang dapat membuka kunci dengan sangat cepat hanya dalam 0,3 detik.

Dari sisi layar, ZenFone 5Q diperkuat dimensi sebesar 6 inci dengan ukuran total yang kompak bagaikan smartphone 5,5 inci biasa. Karena layar Full View Display yang tersedia mendukung rasio aspek 18:9 dengan bezel ultra tipis. Layar FullHD+ 2.160 x 1.080 pixel juga menampilkan akurasi warna yang baik. Ini sangat penting bagi para pecinta foto.

Format layar yang lebar, menyediakan tampilan luas. Didukung fitur 18:9 terbaru seperti ‘zoom-to-fill’ milik YouTube, video dan film dapat ditayangkan dengan sempurna. Layar lebarnya juga sangat bermanfaat saat digunakan untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam orientasi landscape atau dalam orientasi portrait.

ZenFone 5Q dibuat secara presisi dan akurat. Tambahan panel 2.5D contoured glass di bagian depan dan belakang melengkapi kesan mewah yang dihadirkan.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024