Sitaro, (Antaranews Sulut) - Sebanyak 1.120 siswa SMP sederajat di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer dan Ujian Nasional Kertas Pensil di daerah tersebut.

"Siswa yang ikut UNBK berjumlah 470 orang dari delapan SMP dan UNKP 650 dari 18 sekolah di kabupaten kepulauan tersebut," kata Bupati Sitaro, Toni Supit, SE, MSi, di Ulu, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Senin, saat mengawasi UNBK di SMP di Ulu, didampingi Plt Sekdakab, Drs. Herry Bogar dan Kadis Dikpora, Drs. Robert Kahiking. 

Supit mengatakan, peserta yang ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di daerah tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) karena memang keterbatasan alat seperti komputer.

Meski begitu, Supit mengatakan, pihaknya tetap memberikan dukungan kepada sekolah yang melaksanakan UNKP sebab tetap menyukseskan pelaksanaan ujian nasional.

"Juga memberikan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang mengupayakan pelaksanaan UNBK bagi para siswanya sehingga bisa mengikuti ujian sesuai syarat dari pusat tersebut dengan baik," katanya.

Supit yang memantau pelaksanaan UNBK juga berkesempatan memberikan dukungan dan motivasi kepada para siswa agar tetap ikut ujian dengan tenang dan jangan sampai berlaku curang.

Dia mengingatkan peserta UNBK agar tidak mencontek atau bertanya kepada teman maupun guru. Apalagi soal masing-masing siswa berbeda sehingga harus tetap percaya diri mampu melewati ujian dan memohon Tuhan berikan kepintaran.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sitaro, Robert Kahiking mengatakan, dalam UNBK di daerah itu dilaksanakan di empat lokasi berbeda.

"Keempat lokasi dimaksud adalah SMP Negeri Siau Timur dengan peserta dari SMP Negeri I Siau Timur, SMK Negeri I Siau Timur pesertanya dari SMP Negeri II Siau Timur, SMP Negeri IV Siau Barat, SMP Negeri Satap Siau Timur, SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur," katanya.

Kemudian di SMA Negeri I Siau Timur pesertanya dari SMP Negeri I Siau Barat dan SMP Negeri III Siau Timur, dan SMA Negeri 1 Tagulandang dengan peserta SMP Negeri V Tagulandang.







 

Pewarta : Miranti Sahambangung/Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024