Tomohon, (Antaranews Sulut) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) Jimmy F Eman mengatakan tokoh agama adalah pejuang dalam mempertahankan dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di era reformasi.

"Pemerintah kota memberikan apresiasi atas peran tokoh agama dalam mendukung pembangunan di daerah ini," kata Wali Kota Jimmy pada dialog peningkatan toleransi, kerukunan serta keharmonisan kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Tomohon, Rabu.

Semua warga, berkewajiban menjaga dan memelihara stabilitas Kota Tomohon agar berlangsung aman, tenteram, tertib, bermoral dan beretika.

"Kota Tomohon menjadi adalah salah satu dari tujuh kota di Indonesia yang menerima penghargaan Harmony Award Tahun 2017," ujarnya.

Penghargaan ini, lanjut dia, tidak lepas dari peran seluruh komponen masyarakat dan tokoh-tokoh agama mewujudkan kerukunan serta keharmonisan di kota berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa itu.

Karena itu menurut politisi Partai Golkar itu, ruang dialog menjadi penting dilakukan untuk membangun rasa toleransi antarumat beragama.

Dialog yang dilakukan ini bermakna strategis memberikan pemahaman terhadap cara pandang keagamaan dalam kehidupan masyarakat dan bernegara.

"Masyarakat Kota Tomohon yang penduduknya relijius mengakui keberagaman agama yang dianut," ujarnya.

Forum dialog yang dilakukan ini, lanjut dia, merupakan momentum tepat menyampaikan berbagai permasalahan aktual umat beragama dan bisa mendapatkan solusi serta langkah-langkah untuk penyelesaiannya.

"Dari sini akan tercipta interaksi positif untuk hidup berdampingan dengan rukun dan damai," ujarnya.



(T.K011/B/G004/G004) 18-04-2018 16:59:10

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024