Manado, (Antaranews Sulut) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah Sulawesi Utara (Sulut), Selasa.

"Waspadailah potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir hingga pukul 09.45 Wita," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Sutikno.

Cuaca ekstrem ini diperkirakan terjadi di wilayah Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan serta Kepulauan Sangihe.

Kondisi ini juga dapat meluas hingga ke wilayah Kota Manado, Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Bolaang Mongondow Timur, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow Utara dan Kepulauan Sangihe.

Selanjutnya, berdasarkan prakiraan cuaca harian BMKG yang dibuat Senin (16/4), pagi hari berawan dan berpotensi hujan bersifat lokal di wilayah Kota Manado, Bitung, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe) dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

Pada siang hari, cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Kota Manado, Bitung dan Airmadidi.

Sementara malam hari, berawan dan berpotensi hujan ringan bersifat lokal di wilayah Kota Manado, Bitung dan Airmadidi.

"Dini hari cuaca berawan di seluruh wilayah Sulut," katanya.

Suhu udara, lanjut dia, diperkirakan berkisar antara 18-33 derajat celsius dengan kelembaban 50-95 persen, sementara kecepatan angin yang bertiup dari barat- tenggara 5-10 kilometer per jam.





(T.K011/B/G004/G004) 17-04-2018 07:24:51

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024