Manado,  (Antaranews Sulut) - Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado, Dr. Deasy Lumowa mengatakan untuk sekolah negeri, hanya SMP Negeri 12 Kecamatan Bunaken Kepulauan yang mampu melaksanakan ujian nasional berbasis komputer(UNBK) secara mandiri di Manado.

"SMP Negeri 12 Manado di Kecamatan Bunaken Kepulauan mampu melaksanakan UNBK secara mandiri karena memiliki semua fasilitas mulai dari perangkat komputer sampai ke penyediaan tenaga listrik seperti yang disyaratkan," kata Lumowa.

Lumowa mengakui sekolah yang berada di Pulau Bunaken itu, memang memiliki perangkat komputer yang cukup untuk digunakan oleh para siswa.

Sedangkan sekolah negeri lainnya, kata, Lumowa, belum siap karena kelengkapan sarana komputer yang tidak mencukupi, sehingga masih harus bergabung.

Bahkan SMP negeri lainnya terpaksa meminjam kelas dan perangkat komputer sekolah ke sekolah lebih tinggi yakni SMK Negeri I, II , sehingga harus menggunakan sistem pergantian kelas.

Secara umum, kata Lumowa, ujian nasional di Kota Manado telah berlangsung dengan baik, meski pelaksanaannya belum bisa dilaksanakan secara serentak karena harus bergantian menggunakan komputer.

Sedangkan untuk sekolah swasta, kata Lumowa sebagian besar mampu melaksanakan sendiri UNBK, karena memiliki gedung sekolah dan perangkat komputer yang memadai.

Peserta UNBK SMP sederajat Kota Manado sampai pelaksanaan ujian nasional tersebut berlangsung tercatat sebanyak 8.085 orang.

(T.KR-JHB/B/G004/G004) 16-04-2018 21:31:16

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024