Manado, (Antaranews Sulut) - Wali Kota Manado Vicky Lumentut berharap siswa SMA sederajat yang ikut UNBK sukses dan dapat menyelesaikan ujian sampai pada akhir pelaksanaan 12 April nanti.

"Meskipun SMA sudah berada di bawah provinsi, tetapi karena siswa adalah anak-anak dari Manado tentu kami berharap hasil yang terbaik," kata Lumentut, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan sejak awal pelaksanaan, Senin (9/4) ikut memantau dan mendampingi gubernur saat membuka UNBK dan membacakan token sambil memberikan dukungan moral kepada para siswa.

Selain itu dia mengatakan, pihaknya berharap kiranya tidak yang absen pada pelaksanaan utama, supaya tidak perlu ikut pada susulan, karena suasananya pasti lain.

"Kalau ikut pada tahap pertama mulai 9-12 April, akan lebih mudah sebab bersama dengan peserta lainnya dan kondisi psikologisnya lebih baik dibandingkan saat ikut susulan," katanya.

Meski begitu, Lumentut mengatakan jika memang ada yang terpaksa ikut susulan, harus tetap bersemangat jangan sampai takut dan berharap lulus juga.

Selain itu, dia mengatakan kesukseskan pelaksanaan UNBK di tingkatan SMA/SMK menjadi contoh sekaligus acuan bagi tingkat SMP bahkan SD di Manado yang akan digelar mulai pekan depan.

"Pemerintah kota Manado sudah melakukan persiapan sebaik mungkin untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP, dan memberikan dukungan kepada sekolah untuk melaksanakan ujian nasional," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara, siswa SMA yang ikut UNBK sebanyak 19.261 orang dari 237 sekolah, selain itu masih ada yang melaksanakan UNKP sebanyak 754 orang dari 31 sekolah.



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 11-04-2018 22:15:52

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024