Sitaro, 9/4 (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menargetkan mengontrak tenaga pendidik untuk program "Sitaro Mengajar" sebanyak 500 orang sampai 2019 nanti.

"Target tersebut sudah ditetapkan pemerintah kabupaten untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah kepuluan ini," kata kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sitaro Robert Kahiking, di Ondong, Sitaro, Senin.

Kahiking mengatakan, untuk mencapai target tersebut, sejak tahun lalu pemerintah kabupaten melalui dinas pendidikan pemuda dan olahraga sudah mengontrak dan memperpanjang kontrak kerja pada 2018.

Dia menyebutkan, pada 2017 Pemkab Sitaro mengontrak 98 tenaga pendidik, kemudian 2018 menambah 228 orang dan sudah mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh perangkat daerah tersebut, kemudian akan menandatangani kontrak kerja.

"Nanti tahun depan akan ada lagi yang dikontrak, untuk mencapai target tersebut supaya bisa mencapai 500 orang seperti yang sudah ditetapkan pemerintah," katanya.

Dia mengatakan, tenaga guru kontrak di Sitaro tersebut akan menjadi ditempatkan di sekolah mulai dari TK, SD sampai SMP dan disebarkan di seluruh wilayah kabupaten kepulauan tersebut.

Dengan demikian kata Kahiking, bisa memenuhi kebutuhan guru, serta menambah yang masih kurang, terutama meningkatkan mutu pendidikan di Sitaro.

Dia mengakui banyaknya tenaga pendidik yang dibutuhkan Sitaro, disebabkan tidak adanya penerimaan CPNS sehingga guru tidak bertambah, padahal setiap tahunnya ada yang pensiun.

"Jadi untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan mutu pendidikan kami mengadakan program tersebut, mengontrak tenaga guru untuk menyukseskan program Sitaro Mengajar," katanya.







(T.KR-JHB/B/G004/G004) 09-04-2018 18:41:17

Pewarta : Joyce Hestyawatie B/Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024