Manado, 5/4 (Antaranews Sulut) - Pendistribusian soal ujian nasional (UN) di wilayah terpencil, terluar, tertinggal (3T) Provinsi Sulawesi Utara berjalan dengan lancar dan aman.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulut Grace Punuh di Manado, Kamis mengatakan ada tiga kabupaten kepulauan Sulut yang masuk wilayah 3T yakni Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud.

"Pendistribusian soal ujian nasional ke wilayah tersebut selain dibawa oleh pihak Diknas juga ada pengawalan dari aparat kepolisian," kata Grace.

Pengawalan ini dilakukan sehingga tetap aman sampai ke sekolah penyelenggara.

Meskipun dikawal oleh pengawas-pengawas bukan berarti tidak aman, sebab kami semua setiap pada tugas dan tanggungjawab untuk menjalankan ujian nasional dengan jujur dan bertanggungjawab.

Jadi, katanya, dengan mengawal keamanan soal sampai ke sekolah tempat pelaksanaan UN, maka akan tetap aman tidak ada yang hilang atau bocor, karena semuanya sampai dengan selamat, dan ujian dapat berjalan dengan baik.

Dia mengatakan UN tingkat SMK dan sederajat dilaksanakan pada 2-5 April 2018. Sementara UN SMA/MA dan sederajat akan berlangsung pada 9-12 April 2018.

Pihaknya berharap semua sekolah yang melaksanakan UN, bisa menyelesaikan dengan baik.

"Selain dukungan pihak sekolah, peran orang tua juga sangat penting, menjaga kesehatan, pola makan dan kerapian siswa saat mengikuti UN," jelasnya.

(T.KR-NCY/B/S027/S027) 05-04-2018 15:15:22

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024