Tomohon, (Antaranews Sulut) - Sebanyak 855 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin.

"Ratusan siswa SMK yang mengikuti ujian ini tersebar di tujuh SMK swasta dan negeri," kata Wali Kota Jimmy F Eman saat memantau pelaksanaan ujian di Tomohon, Senin.

Menurut Wali Kota, pelaksanaan UNBK di kota berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa itu berjalan lancar karena sinergitas pemangku kepentingan di bidang pendidikan.

"Suksesnya pelaksanaan pendidikan tidak hanya andil pemerintah, akan tetapi membutuhkan dukungan penuh pemangku kepentingan," ujarnya.

Dia optimistis semua siswa yang mengikuti UNBK lulus karena telah mempersiapkan diri sejak awal sebelum ujian dilaksanakan.

"Bila dipersiapkan sejak awal, saya yakin siswa dapat menjawab semua soal dengan baik. Tetap fokus ketika membaca soal dan jangan tergesa-gesa," ajak Wali Kota.

Politisi Partai Golkar itu berharap siswa mengedepankan kejujuran saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam lembar soal, dan tidak melakukan kecurangan.

"Tetaplah menjaga kesehatan selama pelaksanaan ujian, namun yang terpenting adalah berdoa meminta kekuatan dari Tuhan agar diberikan hikmat dan kejujuran," ajaknya.

Pelaksanaan UNBK di Kota Tomohon di awali dengan video conference dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang digelat di SMK Kristen II Tomohon.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024