Tomohon, (Antaranews Sulut) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Jimmy F Eman berharap setiap kecamatan mengembangkan potensi pertanian, perkebunan dan perikanan yang ada di wilayahnya.

"Secara geografis kita memiliki potensi sumber daya alam yang memadai dan mendukung, tinggal sekarang bagaimana kita mengembangkannya," kata Eman pada Sosialisasi dan Pemantapan Program/Kegiatan Dinas Pertanian dan Perikanan di Tomohon, Kamis.

Mengelola potensi pertanian, perkebunan dan perikanan secara profesional dan tidak mengabaikan pelestarian lingkungan, akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Hasil produksi sektor pertanian misalnya selain mampu memenuhi kebutuhan masyarakat lokal, juga telah diantarpulaukan ke beberapa provinsi. Potensi yang ada bila terus dikembangkan akan menyejahterakan petani dan pedagang," katanya.

Karena itu, wali Kota periode kedua itu berharap sosialisasi yang dilakukan ini mampu membangun komitmen bersama mengembangkan komoditas tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan.

"Setiap kecamatan dapat mengembangkannya sesuai dengan potensi yang dimiliki," katanya.

Sosialisasi yang mengikutsertakan para pihak itu diharapkan menghasilkan terobosan-terobosan dalam rangka percepatan pencapaian target-target yang disepakati bersama mendukung terwujudnya kedaulatan pangan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir Vonny Pontoh MBA mengatakan, sosialisasi yang dilakukan untuk memperoleh keseragaman informasi, pemahaman dan kesepakatan bersama dalam pelaksanaan program untuk meningkatkan kesejahteraan.

(T.K011/B/S023/S023) 15-03-2018 22:02:07

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024