Sitaro,  (Antarasulut) - Bapelitbangda Kabupaten Kepulauan Sitaro, melaksanakan konsultasi publik untuk menyempurnakan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RARKPD) 2019.

"Konsultasi publik telah dilaksanakan dan mendengarkan masukan dari semua pemangku kepentingan terkait perencanaan pembangunan," kata Plt Sekretaris daerah Kabupaten Sitaro, Herry Bogar, di Ondong, Sitaro.

Dia mengatakan, konsultasi publik yang dilaksanakan oleh Bapelitbangda Sitaro itu dihadiri berbagai kalangan mulai dari kepala perangkat daerah, camat, tokoh masyarakat dan agama, sampai pimpinan BUMN dan BUMD setempat.

"Banyak masukan dan itu yang akan menjadi pedoman pemerintah dalam perencanaan pembangunan kedepan," katanya.

Sebab menurutnya, hasil konsultasi publik atau rencana kerja pemerintah daerah tersebut akan pedoman bagi seluruh perangkat daerah dalam menetapkan rencana kerja berdasarkan priogram prioritas atau kegiatan 2019.

"Artinya hasil konsultasi tersebut akan menjadi acuan bagi seluruh pelaku pembangunan di daerah sebab memuat seluruh kebijakan publik dalam setahun," katanya.

Menurut Bogar hasil konsultasi publik tersebut akan menjadi pedoman dalam penyusunan APBD 2019 serta menciptakan kepastian kebijakan sebab merupakan komitmen pemerintah daerah dan masyarakat sebagai pendukung dan pelaku pembangunan.

Karena itu, Bogar berharap kiranya banyak masukan positif dan saran sehingga pembangunan 2019 benar-benar berjalan sesuai dengan harapan masyarakat daerah kabupaten kepulauan tersebut.

Pewarta : Miranti Sahbangun
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024