Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Warga Kabupaten Minahasa Tenggara diberikan kesempatan untuk mengaju
kan pertanyaan kepada pasangan calon tunggal Bupati James Sumendap dan calon Wakil Bupati Joke Legi saat debat publik kandidat yang akan dilaksanakan Selasa (6/3).

"Kami akan memberikan perwakilan dari masyarakat untuk mengajukan pertanyaan atau menyampaikan keluhan mereka kepada pasangan calon saat debat publik," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara Helti Massie di Ratahan, Senin.

Dia mengungkapkan, dalam debat publik tersebut akan dibagi dalam empat segmen dan akan memakan waktu hampir empat jam.

"Dalam debat publik ini, akan dibagi dalam empat segmen. Pada segmen pertama calon menyampaikan visi misi, segmen kedua panelis memberikan pertanyaan dan dijawab calon, segmen ketiga panelis memberikan pertanyaan tapi lebih tajam sesuai dengan visi misi, dan segmen terakhir warga yang bertanya kepada calon," ujarnya.

Dia menuturkan, para debat publik tersebut akan mengangkat isu terkait dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan kemajuan daerah.

"Nantinya kedua isu strategis tersebut akan ditanyakan oleh para panelis dan akan dijawab oleh pasangan calon sesuai dengan visi misi mereka," katanya.

Lebih lanjut diungkapkan Helti, para panelis yang telah ditentukan oleh pihaknya merupakan pakar dan akademisi di bidang politik pemerintahan, sosial ekonomi, serta perekonomian.

"Kami berharap dengan ada debat publik ini, masyarakat dapat mengetahui setiap program dari calon dalam mensejahterakan masyarakat dan memajukan daerah," tandasnya.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024