Sitaro,  (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mulai menyalurkan bantuan sosial beras sejahtera (rastra) bagi 2.801 keluarga penerima manfaat (KPM) setempat.

"Sebelum penyaluran kami menyosialisasikan dulu mengenai Rastra kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dan kami mulai di dua kecamatan," kata Bupati Sitaro Tonny Supit di Ulu, Sitaro.

Supit mengatakan, untuk tahun ini sesuai dengan program pemerintah, seluruh rastra tidak lagi dibayar dan KPM tinggal mengambilnya di kantor desa atau kelurahan.

Bedanya kata Supit, jika tahun sebelumnya setiap KK mendapatkan 15 kg, maka tahun ini sesuai dengan keputusan Presiden turun 10 kg tetapi gratis.

"Supaya masyarakat paham kami menyosialisasikannya di tiap kecamatan, dan di Siau Timur Selatan, dan Siau Timur menjadi lokasi pertama sosialisasi," katanya.

Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Sitaro, Hezki Manalang, mengatakan, untuk tahap pertama ini akan disalurkan dua bulan sekaligus yakni Januari dan Februari dimana masing-masing KPM menerima 20 kg.

Selanjutnya kata Manalang, bantuan akan disalurkan sebulan sekali, di kantor kelurahan dan desa tinggal diambil oleh KPM yang namanya sudah diumumkan.

Dia mengatakan, di kecamatan Siau Timur Selatan jumlah penerimanya adalah 368 KPM, sedangkan di Kecamatan Siau Timur penerimanya sebanyak 511 KPM.

"Para penerima itu sudah mendengarkan penjelasan langsung dari Bupati yang melakukan sosialisasi, dan kami harapkan bantuan tersebut dimanfaatkan bersama, jangan dijual," katanya. 







Pewarta : Miranti Sahambangun
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024