Sitaro, 23/2 (Antaranews Sulut) - Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) meminta pemerintah segera membenahi sarana dan prasarana wisata setempat.

"Kami optimistis kunjungan wisatawan akan meningkat tahun ini, karena adanya perhatian pemerintah provinsi, untuk itu akan lebih baik kalau rencana tersebut segera diwujudnyatakan," kata Ketua HPI Sitaro, Dominikus Derek, di Ondong, Sitaro, Jumat.

Derek mengatakan, permintaan itu disampaikan karena optimisme wadah penyedia tenaga pendamping wisatawan tersebut, terkait peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah penghasil pala itu yang terlihat sejak Januari 2018.

Dia mengatakan memang selain pembenahan dan penyediaan fasilitas, maka kebersihan lingkungan juga menjadi salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian cagar alam dan budaya juga menjadi pendukung pembangunan sektor pariwisata di Israel," katanya.

Dia mengatakan, untuk mendorong agar hal tersebut segera terlaksana, pihaknya juga akan merangkul masyarakat setempat dalam setiap kegiatan wisatawan di kawasan kawasan sekitar areal wisatawan agar berpartisipasi.

Sebab menurut Derek, meningkatnya kunjungan wisatawan di Sitaro pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat kepulauan tersebut terutama pada sisi ekonomi dan SDM.

"Sebab SDM dan perekonomian masyarakat akan meningkat, karena juga secara tidak langsung akan membuat harga pala naik, sebagai terpromosikan keluar dan taraf hidup masyarakat akan meningkat. ***1***



(T.KR-JHB/B/G004/G004) 23-02-2018 14:43:24

Pewarta : Miranti Fisantia Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024