Manado, (Antaranews Sulut) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Manado, resmi bekerja sama dengan PT Baidu yakni perusahaan media dan teknologi RRT untuk mempromosikan Manado dan Sulawesi Utara kepada masyarakat Tiongkok.

"Kesepakatan tersebut kami capai dalam penandatanganan nota kesepahaman dengan pihak Baidu Indonesia yang diwakili oleh Damayanti Ariandini, Rabu siang," kata Kepala Dinas Pariwisata Manado, Neivy Lenda Pelealu, di Manado. 

Dia mengatakan, sebelum melakukan penandatanganan dinas pariwisata kota Manado sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata RI serta satuan tugas pariwisata provinsi Sulawesi Utara dan baidu Indonesia. 

"Setelah itu kami melakukan penjajakan kerja sama dan akhirnya sepakat untuk bekerja sama dan menandatangani nota kesepahaman tersebut," katanya. 

Pelealu mengatakan, Manado tertarik bekerja sama dengan baidu karena merupakan perusahaan media dan teknologi terkemuka di Tiongkok, dan menguasai 80 persen pasar mesin pencari terbesar di negeri tirai bambu tersebut. 
 
"Sebagai perusahaan yang didirikan tahun 2000, Baidu menjadi mesin pencari yang melayani lebih dari 10 milyar pencarian, sehingga menjadikannya terbesar kedua di dunia, dan itu merupakan hal yang positif bagi Manado," katanya. 

Sebab menurut Pelealu, kata kunci Manado masih kurang dalam pencarian di baidu yang secara langsung menyebabkan kurang terpromosi, maka penandatanganan nota kesepahaman itu diharapkan menjadi salah satu kunci pembuka makin dicarinya Manado di mesin pencari tersebut. 

"Dengan adanya kerja sama yang sudah ditandatangi akan mendorong Manado dan Sulawesi Utara makin dikenal baik di dunia luar terutama RRT, apalagi dalam dua tahun belakangan ini, menjadi salah satu tujuan kunjungan wisatawan RRT, berkat usaha Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wagub Steven kandouw," katanya. 

Dia mengatakan demikian sudah pasti kerja sama itu akan berdampak positif pada pariwisata Manado, dan mendorong tingkat perekonomian naik sehingga kesejahteraan masyarakat akan jadi baik juga. ***1***

(T.KR-JHB/B/G004/G004) 21-02-2018 22:20:35

Pewarta : Joyce Bukarakombang

Copyright © ANTARA 2024