Manado, (Antarasulut) - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI memberikan bantuan bahan bakar gas (BBG) kepada nelayan tradisional Manado, Sulawesi Utara, untuk mengganti premium.
"Bantuan BBG itu, akan diberikan kepada sekitar 300 nelayan Manado yang masih menggunakan premium," kata Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Manado, Ir. Nolfie Talumewo,MSi di Manado, Senin.
Talumewo mengatakan, pemberian bantuan tersebut bertujuan agar nelayan mengganti bahan bakar yang digunakan selama ini yakni premium, supaya lebih hemat.
Dia mengatakan, pemberian gas dan tabungnya kepada nelayan itu, merupakan hasil kerja sama antara kementerian ESDM dan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.
"Bantuan tersebut, diperkirakan akan disalurkan Maret nanti dan diharapkan bisa membantu nelayan, karena jauh lebih hemat dari premium, sehingga akan berdampak baik bagi nelayan," katanya.
Menurutnya, saat ini pihak Kementerian ESDM sudah melakukan survey untuk menentukan nelayan yang berhak mendapatkan bantuan tabung dan BBG itu.
"Kami menyampaikan hal tersebut kepada nelayan, dan menjelaskan tentang penting dan perlunya mengganti BBM yang dipakai selama ini ke gas, supaya mau menerima bantuan tersebut," katanya.
Talumewo mengatakan, pemberian bantuan tersebut akan diberikan kepada sekitar 300 nelayan tradisional Manado dan harus memenuhi syarat yang ditetapkan.
Syaratnya, kata Talumewo, harus memiliki kartu nelayan, dan di e-KTP pekerjaan juga harus nelayan juga memenuhi sejumlah persyaratan lainya. ***1***

(T.KR-JHB/B/G004/G004) 19-02-2018 23:14:22

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024