Sitaro, (Antarasulut) - Bupati Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Tonny Supit, minta semua desa atau kampung di daerah tersebut untuk mengakomodir proggram yang memenuhi skala prioritas 2018.

"Dengan demikian maka kebutuhan masyarakat di kampung bisa terpenuhi," kata Supit, dalam Musrenbang di Tagulandang,  yang dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Bappeda, Camat, Muspika, perwakilan pendidikan dan kesehatan, Lurah/Kapitalau, MTK dan tokoh masyarakat/agamaSitaro, Rabu.

Dia mengatakan, saat bertemu dengan masyarakat Kecamatan Tagulandang, dalam Musrenbang, sudah mengingatkan agar para kepala kampung atau kapitalaung, juga memaksimalkan badan usaha milik desa (BUMdes).

Sebab hal tersebut, menurutnya, bisa meningkatkan pendapatan masyarakat di kampung-kampung, yang ada di seluruh Sitaro termasuk Tagulandang.

"Sebab BUMDes dapat membantu masyarakat kampung sekaligus membuka lapangan pekerjaan, sehingga upaya pemerintah untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat dapat dicapai," kata Supit.

Dia menjelaskan, pembangunan yang baik, harus direncanakan dengan baik pula, karena itu pemerintah kampung harus melibatkan MTK, perangkat serta seluruh komponen masyarakat sehingga perencanaan pembangunan dapat optimal.

"Demikian juga dengan pelaksanaan dan pengawasan juga membutuhkan keterlibatan secara langsung," katanya.

Selain memberikan berbagai saran kepada para Kapitalaung, Bupati Supit juga mendengarkan usulan pemerintah kampung untuk dibawa ke tingkat kabupaten, bahkan meminta setiap kampung untuk mempresentasikan setiap program dan kegiatannya, yang bersumber ADD dan Dana Desa tahun anggaran 2017.

"Dengan demikian kita bisa mengetahui perkembangan pembangunan di kampung sekaligus mencari tahu kendala apa yang dihadapi untuk dicarikan solusi sehingga pembangunan ke depan lebih baik lagi," katanya.***4***

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024