Manado, 21/12 (Antara) - Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito meresmikan Kodim 1312 Talaud di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis.

Pangdam Mayjen TNI Ganip Warsito dalam sambutannya mengatakan, momentum ini sangat penting bagi seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Khususnya untuk lebih menegaskan keberadaan negara, baik dalam hal pengamanan daerah perbatasan maupun untuk menghidupkan roda perekonomian masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, bagi Kodam XIII Merdeka, peresmian Kodim 1312 Talaud ini tentunya sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi rentang kendali.

"Sehingga kesiapsiagaan satuan-satuan TNI Angkatan Darat yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud ini semakin optimal dan dapat lebih cepat merespon setiap kontinjensi yang mungkin terjadi," katanya.

Ia mengatakan, kita semua menyadari bahwa dinamika kehidupan masyarakat seiring diberlakukannya otonomi daerah di berbagai wilayah NKRI semakin kompleks dan penuh tantangan.

Sebagai salah satu beranda depan NKRI di Provinsi Sulawesi Utara yang tentunya memerlukan perhatian lebih sebagaimana program prioritas pemerintah Nawacita, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, maka pembangunan gelar kekuatan TNI di daerah perbatasan ini melalui peresmian Kodim 1312 Talaud tentunya diharapkan dapat mendorong tumbuhnya cluster perekonomian baru di daerah "pinggiran".

Sekaligus semakin memperkokoh ketahanan dan eksistensi kehadiran negara di daerah yang jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota.

Menyadari semakin meningkatnya beban tugas dan segala implikasi yang ditimbulkan oleh setiap permasalahan di daerah ini, maka Kodam XIII Merdeka melakukan pengembangan organisasi guna memudahkan komando pengendalian dan pembinaan kewilayahan.

Oleh karena itu, peresmian Kodim 1312 Talaud ini sangat diharapkan mampu menciptakan stabilitas keamanan yang kondusif bagi berlangsungnya berbagai program pembangunan oleh pemerintah pusat maupun daerah di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Berkaitan dengan hal tersebut, kepada seluruh Prajurit Kodim 1312 Talaud, saya perintahkan agar memiliki kepedulian yang tinggi dan berupaya menghadirkan satuan ini sebagai satuan yang mampu menjalankan peran, fungsi dan tugas yang dipercayakan masyarakat dengan sebaik-baiknya," katanya.

Ia menambahkam, Komandan Korem 131 Santiago juga harus mampu memelihara, mengendalikan dan mengawasi operasional Kodim 1312 Talaud dengan baik.

"Sehingga keberadaan Kodim yang baru ini mampu mewujudkan harapan Komando Atas sebagai Satuan Kewilayahan yang dapat membantu dan berkontribusi positif terhadap jalannya pembangunan di Kabupaten Kepulauan Talaud demi kesejahteraan rakyat," katanya.

Peresmian itu dilakukan dalam suatu upacara, diikuti Barisan Perwira jajaran Kodim 1312 Talaud tiga SST gabungan anggota TNI-AD Jajaran Kodim 1312 Talaud, dua SST gabungan Anggota Lanal Melonguane, satu SST Polres Talaud, satu SST Brimob Talaud, satu SST Sat.Pol PP Pemda Talaud, satu SST LVRI.

Hadir dalam upacara acara tersebut Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyuni Maria Manalip, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri, Ketua Persit KCK Daerah XIII Merdeka Atie Ganip, pejabat utama Kodam XIII Merdeka, Para Dandim jajaran Kodam Merdeka, Wakapolres Talaud Kompol Maria Buida, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat. ***2***
(T.J009/B/T007/T007) 21-12-2017 20:06:26

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024