Manado, 13/12 (Antara) - Kodam XIII Merdeka menggelar karya bakti pada sejumlah titik di Kota Manado, Sulawesi Utara dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika 2017.

Karya bakti diikuti 215 Orang meliputi bersih-bersih sarana umum, tempat ibadah dan penghijauan dalam bentuk penanaman pohon kayu manis sebanyak 100 pohon dan bedah rumah yang dilaksanakan di kawasan Kolam Renang Sario dan Kelurahan Bailang.

Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito dalam sambutan dibacakan Waaster Letkol Arm Frangky Watuseke, Rabu mengatakan
kegiatan ini untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, aman dan nyaman.

Serta memantapkan kemanunggalan TNI ? Rakyat guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang secara dini bagi kepentingan pertahanan negara.

Semuanya ini merupakan salah satu wujud pengabdian TNI Angkatan Darat kepada rakyat, bangsa dan negara Indonesia, terlebih khusus untuk membantu pemerintah daerah mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang dihadapi masyarakat.

"Hal inilah yang mendasari tema kegiatan bakti sosial dan karya bakti untuk menyambut peringatan Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat tahun 2017, yakni `Manunggal dengan Rakyat, TNI AD Kuat`," katanya.

Ia mengatakan kegiatan semacam ini mengandung dua aspek, yakni yang berkaitan dengan kemanusiaan dan aspek peningkatan kesehatan masyarakat.

Dilihat dari aspek kemanusiaan, kegiatan ini mengandung makna sebagai wujud kesetiakawanan sosial, rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap warga masyarakat yang membutuhkan.

Sedangkan ditinjau dari aspek kesehatan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya arti kesehatan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Bakti sosial dan karya bakti, apapun kegiatannya, adalah juga merupakan suatu bentuk dukungan moril bagi sesama umat manusia karena dapat membantu meringankan beban bagi mereka yang sangat membutuhkan.

"Mengajak semua pihak untuk senantiasa melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan secara terprogram dan berkesinambungan guna mempercepat tercapainya tujuan nasional, yakni mewujudkan rakyat Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur serta memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa," katanya. ***2***

(T.J009/B/M019/M019) 13-12-2017 16:38:54

Pewarta : Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024