Tomohon, (AntaraSulut) - Pasar Beriman Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) membutuhkan penambahan truk untuk membersihkan sampah yang diproduksi pedagang, kata Direktur Utara James Rotikan, Senin.

"Kami sudah sampaikan kepada wali Kota mengenai hal ini, mudah-mudahan dapat dianggarkan dalam APBD," kata Rotikan di Tomohon.

Saat ini, lanjut dia, truk pengangkut sampah hanya satu unit dari Dinas Lingkungan Hidup dan memerlukan beberapa ritasi untuk membersihkan lokasi pasar.

"Kalau sudah ada dua unit, itu sudah cukup untuk membersihkan volume sampah yang diperkirakan mencapai puluhan kubik tersebut," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya terus memaksimalkan 14 petugas kebersihan yang dipekerjakan, walaupun memang ada kebutuhan untuk menambah jumlah personel.

"Kami mencoba memaksimalkan mereka, dicoba dulu. Kalau memang perlu penambahan, kami akan usulkan penambahan. Apalagi memang, kondisi pasar bersih sudah menjadi keharusan," ujarnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja periode sebelumnya itu, menyayangkan kesadaran pedagang yang tidak memperhatikan kebersihan.

Apalagi, "Pasar Beriman" Tomohon telah menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan yang melakukan kunjungan di Sulut.

"Wisatawan telah menjadikan pasar Tomohon sebagai tujuan wisata. Kami menyadari bahwa kebersihan harus dibenahi, dan itu terus dilakukan untuk memenuhi harapan semua pihak," ujarnya.***1***



(T.K011/B/G004/G004) 04-12-2017 22:19:11

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024