Tondano, 2/12 (Antara) - Kodim 1302/Minahasa memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1439/H bertempat di aula Makodim, (1/12) Jumat.

"Sesungguhnya dalam diri rasulullah terdapat suri touladan yang baik, untuk itu melalui peringatan maulid Nabi ini, mari kita teladani sikap rasulullah," ungkap Kh Ustazd Samsudin Dali dalam ceramahnya.

Ia mengatakan antara sikap Nabi yang patut ditiru adalah contohnya bila Nabi memanggil isterinya Siti Aisa memanggil dengan panggilan Khumairah, artinya pipi kemerah-merahan, ini menandakan betapa rasul sangat menghormati dan menyayangi serta mencintai isterinya.

Samsudin mengatakan kita selaku umatnya sudahkah memperlakukan isteri kita dengan baik, apakah di rumah kita sudah mempraktekkan bila memanggil isteri dengan panggilan yang baik.

"Untuk itu melalui peringatan maulid ini, mari kita pelan-pelan merubah hal hal yang belum pantas dan yang tidak sesuai dengan sariat nabi, kita tinggalkan, bila kita benar mencintai Nabi maka mari kita laksanakan sariatnya," katanya.

Komandan Kodim 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama mengatakan selamat merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W bagi seluruh anggota Kodim dan keluarga yang beragama Islam, semoga peringatan ini akan membawa kita semua ke arah perubahan yang lebih baik.

"Saya ingatkan kepada seluruh anggota dan keluarga sekalian, peringatan ini janganlah dijadikan sebagai kegiatan rutin semata, akan tetapi mari kita maknai apa yang terkandung dalam peringatan tersebut, sehingga dari hari ke hari kita dapat merubah sikap dan tingkah laku yang belum sesuai dengan tuntunan agama yang kita anut," katanya.

Maulid Nabi kali ini diprakarsai Kepala Staf Kodim 1302/Minahasa Mayor Inf Maudin Purba, dengan pembawa Khikmah Maulid adalah Kh Ustazd Samsudin Dali, sementara itu membacakan ayat-ayat suci Al Qur'an Sertu Warno Detuage, sedangkan pembawa Sari tilawah adalah Ny. Warno Detuage.

Kegiatan turut dihadiri Kepala Staf Kodim 1302/Minahasa Mayor Inf Maudin Purba, Wakil Ketua Persit Cabang XIV Dim 1302/Minahasa, para perwira staf Kodim.

Pewarta : Martsindy Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024