Manado, (Antarasulut) - 21 klub basket putra dan putri dipastikan ikut memperebutkan titel pertama Perbasi Manado Cup, yang dimulai hari ini, di Politeknik Negeri Manado.

"Lomba dimulai pukul 16.00 Wita, dimana seluruh peserta diwajibkan hadir ikut prosesi pembukaan," kata Ketua Panitia, Raymaoond Makalew, di Manado.

Raymond yang didampingi oleh pengurus dan panitia lomba, Lexie Kojongian, Gland Rindengan, Septyano Sondakh, Geysbert Lumempow dan Fadly Sahafin mengatakan, acara tersebut disponsori oleh PT BNI, Maskut dan Golden Lake Resort, yang mendukung perkembangan olah raga basket di Manado.

Dia mengatakan, 16 klub putra akan dibagi menjadi 4 grup dengan masing-masing terdiri dari 4 klub. Sementara kategori klub putri yang akan diikuti oleh 5 tim akan menggunakan sistem kompetisi penuh, dimana seluruh klub akan saling berhadapan.

Ketua Perbasi Manado, dr Richard Sualang mengatakan jika Perbasi Cup Manado akan menjadi ivent tetap tahunan, dimana ajang ini memang dikhususkan bagi para klub bola basket, dimana ini juga akan menjadi rangsangan untuk kembali menjadikan olahraga basket populer di Manado.

"Kita ingin agar semangat para penggila bola basket kembali muncul dan memotivasi berdirinya klub-klub basket, dimana dulu pernah sangat berjaya. Tentunya target lain juga akan melahirkan potensi-potensi pebasket yang handal," kata Sualang yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Manado ini.

Menurut Sualang, kompetesi lokal sangat perlu dilaksanakan untuk kembali membangkitkan gairah olahraga bola basket yang tidak bisa dipungkiri saat ini menjadi salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia.

"Selamat bertanding untuk seluruh klub yang akan berlaga di Perbasi Manado Cup 2017. Jadilah yang terbaik dan tetap tanamkan sikap fair play. Mari kita gelorakan olahraga bola basket," kata Sualang yang didampingi Sekretaris Perbasi Manado Iswan Buka.***


Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024