Minahasa, (AntaraSulut) - Desa Wasian Kecamatan Kakas Barat ikut meramaikan lomba masak woku belanga dalam ajang Pembukaan Festival Danau Tondano (Fesdaton) di lokasi wisata Benteng Moraya Tondano, Jumat.

Hukum Tua Desa Wasian Marlein Lalamentik mengatakan hal ini dilakukan untuk turut ambil bagian dalam ajang festival Danau Tondano.

Lomba masak woku belanga ini, katanya, selain mengangkat sektor perikanan di Kabupaten Minahasa, juga mengedukasi masyarakat untuk makan ikan.

Dan, katanya, masyarakat diajak untuk tahu masak, sehingga bukan membeli makanan jadi yang belum tentu dijamin kehigienitasannya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo mengatakan ada tiga kategori lomba, meliputi lomba masak mujair woku belanga antar perangkat desa dan kelurahan, lomba masak mujair goreng antar pegawai instansi Pemkab, instansi vertikal, BUMN, BUMD dan kecamatn, dan lomba memasak ikan nike olahan antar guru-guru SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Minahasa.

Kegiatan yang masih dalam rangkaian memeriahkan Hari Jadi Minahasa ke-589 yang akan digelar, Jumat (27/10) di Benteng Moraya Tondano.

Agustivo Tumundo mengatakan kegiatan ini akan diawali dengan fun walk pukul 06.00 Wita dengan lokasi start di Taman God Bless Minahasa Lapangan Sam Ratulangi Tondano.

Lomba ini, kata Tumundo, memperebutkan trophy bupati dan sejumlah hadiah lainnya.

"Setelah lomba berlangsung pihak dari MURI akan melakukan penilaian dan memberikan piagam MURI kepada bupati," katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024