Manado, 17/10 (Antara) - Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) Bank Pembanguan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (SulutGo) telah mencapai 28.994 rekening hingga triwulan III tahun 2017.

"Peningkatan rekening tabungan Simpel tersebut menandakan bahwa minat menabung dari pelajar mulai tinggi," kata Direktur Utama Bank SulutGo, Jeffry Dendeng di Manado, Selasa.

Dikatakan, lonjakan rekening tabungan Simpel tersebut melampaui dari rencana kerja anggaran perusahaan tahun 2017 yang hanya 21.786 rekening.

Jika dibandingkan tahun 2016 (year to date), katanya, jumlah rekening Tabungan Simpel mengalami peningkatan 12,32 persen dari 25.813 rekening menjadi 28.994 rekening.

Memang untuk nominal dananya tidak besar hanya Rp5,12 miliar pada posisi September 2017.

"Untuk Tabungan Simpel, kita tidak mencari nominal dana, namun berapa banyak pelajar yang nantinya teredukasi dan memanfaatkan jasa perbankan," jelasnya.

Bank SulutGo, katanya, akan terus meningkatkan Tabungan Simpel sehingga literasi dan inklusi keuangan berjalan dengan baik di Sulut.

Kepala Kantor Perwakilan Otoritas jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara Gorontalo Maluku Utara (Sulutgomalut) Elyanus Pongsoda mengatakan program OJK yang didukung oleh perbankan ini, diarahkan pada generasi muda, bahkan anak kecil untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menabung.

Pembukaan rekening dilakukan melalui kerja sama antara sekolah dengan bank dan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank.

Satu siswa hanya boleh memiliki satu rekening di satu bank yang sama, tidak diperkenankan untuk rekening bersama (join account) dengan status dan/atau transaksi.

Penarikan, penyetoran, dan pemindahbukuan dapat dilayani di sekolah dan semua channel bank sesuai kebijakan Bank.

"Tabungan Simpel juga dijalankan oleh bank umum, menariknya BPD adalah peran mereka sudah meluas dan memang mendukung pengembangan ekonomi daerah," katanya.***3***



(T.KR-NCY/C/M019/M019) 17-10-2017 16:56:19

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024