Tondano (AntaraSulut) - Komandan Kodim 1302/Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama menerjunkan satu SSK pasukan Kabasaran untuk mengikuti  devile yang dihelat di Kawasan Mega Mas Manado dalam upacara memperingati HUT TNI ke-72, Kamis (5/10).

"Tarian kabasaran merupakan tarian peperangan masyarakat Minahasa, yang kini dikemas sebagai sebuah adat dan budaya daerah ini, oleh karena itu kami bekerja sama dengan Kodim 1309/Manado serta Kodim 1310/Bitung berusaha menampilkan pasukan Kabasaran yang diambil dari personilnya masing-masing," ungkap Purnama.

Ia menjelaskan khusus pasukan devile Kabasaran Minahasa dipimpin Komandan SSK Pelda Denny Paila Plh Danramil 1302-06/Tomohon, kemudian Danton-I Pelda Dolvie Bukunusa Babinsa Kelurahan Pondang Amurang, Danton-II Pelda Max M. Pungus Babinsa Desa Kamasi Tomohon, serta Danton-III Pelda Alex Wowiling Babinsa Tumpaan, sedangkan Komandan Kodim 1302/Minahasa tampil sebagai Tonaas Wangko dengan menaiki kendaraan perang.

"Dengan demikian jumlah SSK-II berjumlah 74 orang," tuturnya.

Dengan demikian, kata Purnama, jalan yang dilalui tim Kabasaran berubah menjadi merah, itu menandakan semangat membara dalam diri setiap prajurit TNI. Disamping itu pula pada HUT TNI tersebut tak ketinggalan para penerjun payung yang terdiri dari putra putri terbaik Sulut juga ikut ambil bagian.

Pewarta : Martsindy Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024