Bitung, (AntaraSulut) - Wali kota Bitung Maximilian Jonas Lomban SE MSi menyampaikan rasa kebanggaanya saat mendengar ada warga Kota Bitung terpilih menjadi anggota Tim Nasional Sepak Bola Usia 15 Tahun atau Timnas U-15 yang akan diutus Negara Malaysia.

    Penyampaian itu disampaikan Lomban kepada sejumlah wartawan melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Bitung Pingkan Kapoh SPt MAP. 

    Kapoh mengatakan, warga Kota Bitung dimaksud merupakan seorang siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Bitung,  Theodore Dominggo yang kesehariannya tinggal di Kelurahan Winenet Lingkungan I Kecamatan Aertembaga.

    Menurut Kapoh,  Theodore adalah putra kedua dari Heintje Alvy  dan Verra Kapoh  berhasil meyakinkan jajaran pelatih Tim Nasional (Timnas) sepakbola usia 15 (U-15), sehingga bisa menjadi pemain inti Garuda Asia yang akan berlaga di Kinabalu Malaysi pada pertengahan Oktober 2017.

    "Bakat yang dimiliki Theo luar biasa sehingga dalam masa pelatihan menjadikan skill di atas rata-rata pemain lainnya. Ini merupakan hasil penilaian jajaran pelatih baik daerah maupun pelatih nasional, " kata Kapoh.

    Kapoh mengatakan, Theo  bersama pemain lain akan berlaga di ajang internasional ini direkrut melalui Sekolah Bola Anak Indonesia (SBAI), yang bernaung di bawah PSSI.

    SBAI diketahui memilih anak-anak berbakat dalam bidang sepakbola dari beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Samarinda, Kota Bitung dan Kota Kotamobagu.

    Kapoh menambahkan, pihak Pemerintah Kota Bitung juga bangga dan bersyukur karena Theo bisa dipilih untuk memperkuat Timnas Indonesia U-15 dalam ajang internasional Malaysia Borneo Football Cup 2017 ini.

    Theo berposisi sebagai gelandang bertahan (defending midfielder) terpilih memperkuat Timnas ini dalam Malaysia Borneo Football Cup 2017 akan digelar di dua stadion utama Malaysia Timur di Kinabalu, Sabah dan diikuti tim sepakbola dari Australia, Indonesia, Thailand, Filipina, Hong Kong, India, China serta Malaysia.

    Turnamen tahunan yang sudah 10 kali digelar ini, terdiri dari 6 kategori yakni usia 11, 12, 13, 14, 15 dan 16 tahun. Khusus U-15, pertandingannya digelar sejak 3 hingga 5 Oktober 2017.

    "Dengan terpilihnya Theodore ke ajang sepakbola internasional, Walikota Lomban  berharap akan ada lagi putra-putra daerah Kota Bitung maupun Sulawesi Utara bisa seperti itu," demikian Kapoh.

Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024