Manado, (AntaraSulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berharap dukungan DPRD membantu mempercepat pembangunan program strategis nasional dan prioritas daerah.

"Menjadi harapan bersama, kinerja yang selama ini telah ditunjukan harus dijaga bahkan ditingkatkan sehingga program strategis nasional yang ada di daerah maupun program prioritas daerah bisa berjalan baik," kata Gubernur di Manado, Jumat.

Program-program tersebut menyebar di sektor pariwisata, infrastruktur, pengentasan kemiskinan dan pengangguran, kemaritiman, pendidikan, pertanian dan perkebunan.

Selanjutnya, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, pelatihan tenaga kerja, pelestarian lingkungan hidup, optimalisasi pelayanan publik, revolusi mental dan berbagai program serta kerja strategis lainnya dalam RPJMD 2016-2021.

Gubernur berharap, pelaksanaan proyek strategis nasional di provinsi ujung utara Sulawesi itu seperti, bendungan Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), bendungan Kuwil (Kabupaten Minahasa Utara), jalan tol Manado-Bitung, "International Hub Port (Kota Bitung), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan jalan penghubung Gorontalo-Manado dipacu.

Begitupun dengan beberapa program prioritas daerah lainnya seperti perluasan bandara udara Sam Ratulangi, pembangunan trem dalam Kota Manado, jalur kereta api Manado-Bitung, pengembangan kawasan pariwisata Likupang, serta Manado Outer Ring Road III (Winangun-Malalayang).

Selanjutnya, pembangunan bendungan Sawangan (Kabupaten Minahasa) serta pembangunan TPA regional Minahasa Utara sebagai solusi masalah sampah di ibukota provinsi dan sekitarnya, kata Gubernur.

"Program strategis nasional maupun program prioritas daerah ini dilakukan dalam rangka mewujudkan Sulut yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik dan berkepribadian dalam budaya sekaligus juga sebagai pintu gerbang di kawasan timur Indonesia," ujarnya.***3***



(T.K011/B/G004/G004) 29-09-2017 07:19:42

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024