Tomohon, (AntaraSulut) - Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak berharap semua pihak melindungi hak-hak perempuan dan anak.

"Peran serta masyarakat baik secara individu, lembaga pemerhati perempuan dan anak, maupun melalui organisasi gereja, mesjid sangat diperlukan," kata Wali Kota pada dialog bersama Wakil Ketua DPD RI Prof Dr Ir Hj Darmayanti Lubis di Tomohon, Kamis.

Menurut dia, perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender dan keadilan perlu terus dilakukan agar perempuan mendapatkan akses partisipasi, kontrol dan manfaat yang sama dalam pelaksanaan pembangunan serta dalam menikmati hasil-hasilnya. 

Negara, pemerintah, masyarakat maupun di dalam keluarga berkewajiban bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan perlindungan hak-hak perempuan dan anak, katanya. 

"Saya yakin bahwa melalui kegiatan ini pasti dapat memberikan dampak dan peran dalam menyampaikan pesan-pesan guna pembangunan keluarga yang harmonis dan sejahtera di masing-masing keluarga, kelurahan, organisasi, sekolah-sekolah dan dimanapun kita pergi dan berada," tutur Eman didampingi Wawali Syerly Adelyn Sompotan.

Wakil Ketua DPD RI Prof Dr Ir Hj Darmayanti Lubis mengungkapkan, memajukan bangsa dan negara adalah menjadi tugas bersama termasuk di antaranya mengawal para generasi muda ke depan salah satunya melalui perlindungan.

"Kita semua harus sepakat tentang sumber daya manusia anak dalam ketahanan keluarga, karena keluarga merupakan bagian masyarakat terkecil. Ketahanan keluarga menjadi pola dasar ke arah bangsa yang sejahtera," ujarnya.

Sementara itu anggota DPD RI Ir Stefanus B A N Liow yang turut mendampingi wakil ketua DPD RI mengatakan berbagai saran dan masukan, aspirasi yang terungkap dalam dialog ini akan diperjuangkan. 

Kesempatan yang sama Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky Wenur memberikan apresiasi kepada Wakil Ketua DPD RI bersama jajarannya yang berkesempatan datang di Kota Tomohon dan berdialog bersama pemerintah, jajaran DPRD bersama unsur masyarakat Kota Tomohon.


Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024