Manado, 28/9 (Antara) - Industri kecil menengah (IKM) UD Kartini asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mulai memanfaatkan pemasaran produknya melalui online.

"Saya sudah bekerja sama dengan beberapa situs pemasaran online, dan permintaan hampir setiap hari," kata Pemilik UD Kartini Manado Kartini Igirisa di Manado, Kamis.

Ia mengatakan selain pemasaran di lokal, juga telah merasakan manfaat melalui online.

Produk yang ditawarkan berupa abon ikan roa dan abon ikan cekalang.

"Produk ini sangat diminati oleh pasar luar daerah, dan kami berusaha memenuhinya," jelasnya.

Ia menjelaskan selain itu, pihaknya juga memanfaatkan layanan online Go Food yang sangat diminati oleh orang Manado dan sekitarnya.

"Saya melakukan ini, karena merupakan tuntutan zaman semua harus serba internet, kalau tidak kita akan ketinggalan pasar," katanya.

Pihaknya juga terus berinovasi, sehingga daya jual produk semakin tinggi.

Ia menjelaskan apalagi dengan promo khusus yang diberikan jasa pengiriman JNE Express kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) sehingga memberikan kemudahan dalam mengirim barang.

"Saya berharap ke depan jasa pengiriman JNE akan terus memfasilitasi UMKM," katanya.

Kepala Bidang Fasilitasi dan Pengembangan IKM Dinas perindustrian dan Perdagangan Sulut Alwy Pontoh mengatakan pihaknya akan terus mendorong IKM di Sulut agar memanfaatkan E-commerce atau perdagangan elektronik.

"Ke depan, kita akan dipaksa untuk memanfaatkan pasar tersebut, sehingga, dari sekarang akan terus didorong dan difasilitasi," jelasnya.***3***



(T.KR-NCY/B/A029/A029) 28-09-2017 20:24:36

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024