Manado, 13/9 (Antara) - Rumah Sakit Pendidikan (RSP)Sam Ratulangi (Samrat) Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diproyeksikan menjadi yang terbesar di Kawasan Indonesia Timur.

"Proyek ini akan menjadi percontohan pembangunan infrastruktur perguruan tinggi negeri (PTN) dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU)," kata Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Ellen Joan Kumaat di Manado, Rabu.

Rencana pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Sam Ratulangi Manado dipastikan dilanjutkan dengan skema pembiayaan KPBU.

Saat ini, katanya, skema pembiayaan tengah dibahas di kementerian keuangan dan kementerian Ristek Dikti.

"Informasinya sudah ditandatangani oleh Sekjen Kemenristek Dikti, tapi saya belum pegang suratnya, namun teres melacak prosesnya sampai dimana," ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan Penganggaran dan Kerja sama Unsrat Prof Dr Sangkertadi mengatakan direncanakan proses pembangunan RSP akan dimulai kembali pada tahun 2018. Saat bertandang ke istana Februari lalu, pembangunan RSP mendapat `restu` Presiden Joko Widodo.

Rencana melanjutkan pembangunan RSP dengan skema KPBU ini terungkap saat Presiden meluncurkan lima proyek di Istana Negara pada beberapa menteri dan Unsrat mendapatkan kesempataan satu proyek.

"Presiden Jokowi meluncurkan lima proyek KPBU tahun 2017 pada 17 Februari 2017 di Istana Negara. Salah satunya, proyek RS Pendidikan Unsrat," ungkap Sangkertadi.

Bentuk kerja sama tersebut, katanya, adalah percepatan pembangunan bangunan RS yang sempat terhenti.

Kata Sangkertadi, hal ini sangat baik, karena skema penganggaran bangunan menggunakan DIPA Unsrat. Selanjutnya, pembangunan RS sudah menggunakan skema penggangaran swasta nasional.

"Sesuai rapat yang dijabarkan oleh Presiden, 2018 RS Pendidikan Unsrat sudah dibangun dan proses penyelesaian tahun 2019," jelasnya.

Unsrat, katanya bisa dikatakan sangat beruntung, sebab dari sekian banyak perguruan tinggi (PT) di Indonesia, Unsrat menjadi salah satu yang mendapatkan kesempataan pelaksanaan kegiatan proyek percontohan yang dirancang sebagai pengujian atau trial dalam rangka untuk menunjukkan keefektifan suatu pelaksanaan program. Unsrat pilot project,kata Sankertadi.

Unsrat, katanya bisa dibilang tidak lagi kebingungan mencari anggaran pembangunan.***4***



(T.KR-NCY/B/G004/G004) 13-09-2017 17:53:36

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024