Tondano (AntaraSulut) - Rektor Unima Prof DR Julyeta Runtuwene mengatakan peran Universitas Negeri Manado (Unima) dalam rangka membantu membangun daerah sangatlah penting.

"Salah satu sumbangsih adalah dengan adanya penelitian para dosen yang boleh berdampak positif bagi masyarakat. Misalnya, penelitian tentang kemajuan ekonomi kreatif milik rakyat maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Sehingga ujung-ujungnya berdampak pada peningkatan ekonomi rakyat," ungkap Runtuwene di Tondano, Rabu.

Runtuwene menyampaikan universitas merupakan tempatnya para pakar, jadi untuk hasil penelitian harus benar-benar berguna bagi masyarakat.

"Pastinya Unima punya peran sangat penting bagi kelangsungan pembangunan di daerah maupun peningkatan Sumber Daya Manusia, baik di Sulut maupun Minahasa secara khusus," katanya.

Runtuwene menegaskan bentuk penelitian pun bukan hanya tugas dosen, namun harus diikuti oleh mahasiswa. Sehingga, baik dosen maupun mahasiswa sama-sama mewujudkannya, tentu dengan mempersiapkan penelitian berkualitas dan benar-benar punya pengaruh positif.

"Banyak kampus-kampus maju yang sudah mempraktekkan hal seperti ini. Jadi Unima yang juga merupakan salah satu kampus besar di Indonesia harus bersaing dengan kampus lainnya," urainya.

Ia menambahkan Unima sudah punya kerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota di Sulut, jadi sudah seharusnya Unima turut menopang setiap program dan upaya pemerintah daerah mempercepat pembangunan dan meningkatkan perekonomian.

Pewarta : Martsindy Rasuh
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024