Lomban Perkenalkan Nasi Bulu Cakalang Bitung

    Bitung, (AntaraSulut) - Kota Bitung dikenal sebagai Kota Cakalang, walaupun dalam beberapa tahun terakhir ini, Kota cakalang mulai memudar akibat sulitnya mendapatkan ikan jenis tersebut tetapi Wali Kota Bitung terus mencari terobosan guna memperkenalkan soal primadona ikan cakalang.

    Lomban memperkenalkan  "Nasi Bulu Cakalang Bitung" yang  akan di patenkan menjadi menu khas Bitung pada FPSL 2017 nanti ketika menjelaskan menu khas kota Bitung, makanan ini diciptakan tanpa meninggalkan ciri khasnya dengan tambahan ikan cakalang fufu yg diramu sedemikian rupa.

    Menurut Lomban, nasi bulu cakalang Bitung diharapkan akan menjadi menu andalan pada thanksgiving day Kota Bitung, dan ini akan menjadi menu khas Kota Bitung dalam menjamu tamu-yamu nasional maupun internasional.

    "Nasi bulu cakalang Bitung akan terus dipromosikan sebagai makanan khas Kota Bitung, kami bangga dapat terus mengangkat Kota Bitung melalui ikan cakalang," ungkap Lomban.

    Respon positif juga diberikan kepada TP PKK Kota Bitung yang . menciptakan menu terbaru yang dapat menjadi makanan khas Kota Bitung, dalam rangka Penilaian lomba cipta menu B2SA Tingkat Nasional dimana   Tim Penggerak PKK kota Bitung yang menjadi utusan Provinsi Sulawesi Utara, yang akan dilaksanakan pada 17-19 oktober 2017 di Pontianak, Kalimantan Barat.

    Wali Kota Bitung, Maxmiliaan Jonas Lomban memberikan apresiasi kepada TP-PKK Kota Bitung, yang begitu kereatif dan inovatif dalam mencarikan idea nebu terbaru yanng mencirikan kekhasan Kota Bitung, untuk dilombakan di tingkat nasional.

    "Saya bangga karena Bitung yang diikutkan dalam Lomba tingkat nasional, dan produk ini dapat diikutkan dalam pariwisata Kota Bitung khususnya di bidang kuliner," kat Lomban.

    Ketua tim Penggerak PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung, SE bersama tim Pokja 3 yang diketuai  Pingkan Marentek-Kapoh membuat menu khas kota Bitung, diantaranya, Roll Tuna Woku, Pare kukus Tumis ketimun Jepang, Nasi Gulung Tuna, Makanan Penutup : Pudding Ikan Kakap, dan Jus Sambiki kayu Manis.

    "Selaku ketua tim TP-PKK Kota Bitung sangat senang dan bangga kepada Ibu-Ibu yang tergabung dalam tim Penggerak PKK Pokja 3 yang sudah bekerja keras, berkreasi, menciptakan berbagai menu, makanan dan minuman yang Beragam Bergisi Seimbang dan Aman (B2SA) yang dulunya dikenal dengan 4 sehat 5 sempurna," ujar Rawung

    Rawung menjelaskan,  salah satu yang menjadi Penunjang Penilaian lomba cipta menu tingkat Nasional ini adalah adanya dukungan dari Pemerintah, untuk dapat mempromosikan atau memperkenalkan menu makanan ini sampai di tingkat kelurahan.

    Rawung mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang bekerja sama dan yang telah melatih tim pokja 3 dalam kesiapan mengikuti perlombaan ini, lomba ini diselenggarakan secara LIVE karena itu dibutuhkan kecepatan dan kecekatan dari tim Penggerak PKK yang ikut.

    Wali kota Bitung bersama Tokoh masyarakat Drs. Mokthar Arunde Parapaga, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, kepala Dinas Perikanan, Kepala Badan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta sejumlah wartawan media cetak, online dan radio berkesempatan mencicipi menu yang dibuat oleh tim pokja 3 bersama Ketua tim Penggerak PKK di Guest House Rudis Walikota Bitung.

    "Mari masyarakat kota Bitung bersama dengan tim penggerak PKK kota Bitung bersama-sama memperkenalkan menu kota Bitung yang telah di buat ibu-ibu dari tim pokja 3 ini,  diharapkan menu ini bukan hanya menjadi makanan dan minuman yang kita dapat sajikan ketika ada acara-acara besar atau perlombaan nanti namun menu ini bisa disajikan sebagai makanan sehari-hari karena kandungan yang ada sangat banyak dan gizi yang tercukupi, "jelas Lomban.***Advetorial*** 

   


Pewarta : Marlita Korua
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024