Manado, (AntaraSulut) - Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Asiano G Kawatu mengatakan, perguruan tinggi menjadi garda terdepan menyiapkan sumber daya manusia berkwalitas di era global.

"Perguruan tinggi adalah garda terdepan yang memegang peran penting dan strategis menyiapkan sumber daya manusia yang unggul untuk memenangkan peluang dan persaingan," kata Asiano pada pelantikan Rektor Universitas Katolik De La Salle Manado, Selasa.

Karena itu menurut dia, semua pimpinan perguruan tinggi memiliki tanggungjawab besar mengarahkan civitas akademika tetap eksis membawa daerah dan bangsa memenangkan persaingan global.

"Rektor dianggap berhasil apabila memahami keberadaan perguruan tinggi serta mampu melaksanakan peranan untuk memimpin institusi," ujarnya.

Pemerintah provinsi optimistis, Rektor Unika De La Salle yang baru Prof Dr Johanis Ohoitimur mampu membawa univesitas ini semakin baik dan memajukan dunia pendidikan di provinsi ujung utara Sulawesi.

"Di bawah kepemimpinan rektor baru, kami yakin universitas ini mampu menghasilkan sumber daya manusia berkualitas, melakukan perubahan dan menghasilkan terobosan inovatif dan strategis," imbuhnya.

Asiano mengharapkan dukungan penuh Unika De La Salle terhadap program kerja pemerintah daerah di berbagai bidang.

"Kiranya segenap civitas akademika Unika De La Salle senantiasa bersinergi, mendukung dan mensukseskan setiap kebijakan dan program pemerintah daerah untuk terwujudnya Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik serta berkepribadian dalam budaya," imbuhnya.

Rektor Prof Dr Johanis Ohoitimur menyatakan rencananya setelah resmi memimpin Unika De La Salle akan menata budaya kampus.

"Artinya, situasi akademik di kampus harus kondusif untuk mahasiswa dan tenaga pengajar," katanya.

Dia mengaku akan melakukan audit manajemen dan memperkuat koordinasi didukung semua pejabat struktural kampus.***4***







(T.K011/B/M019/M019) 15-08-2017 19:15:19

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024