Tomohon, (AntaraSulut) - Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman mengajak masyarakat mengonsumsi makanan nonberas yang juga memiliki kandungan gizi baik yang dibutuhkan tubuh.

"Kita berharap konsumsi panagn nonberas menjadi suatu gerakan bagi masyarakat Kota Tomohon," ajak Wali Kota Jimmy pada lomba cipta menu berbasis pangan lokal antarperangkat daerah. 

Wali Kota mengatakan lomba cipta menu kali ini tidak menggunakan bahan beras sehingga diharapkan muncul ide-ide mengolah menjadi menu makanan tradisional sehat yang akan disajikan di dalam keluarga dan masyarakat.

"Lewat kegiatan lomba ini juga diinstruksikan kepada seluruh perangkat daerah untuk menyediakan atau menyajikan makanan lokal seperti ubi, pisang, jagung pada setiap kegiatan pemerintahan," ajaknya. 

Menurut Wali Kota, lewat lomba cipta menu berbasis pangan lokal antarperangkat daerah ini akan memberikan pengalaman serta pelajaran berharga peningkatan ketahanan pangan keluarga.

Lomba ini dikreasikan Kegiatan Dharma Wanita Persatuan bekerja sama dengan dinas terkait, Bhayangkari, Persatuan Wanita Patra PT Pertamina Geothermal dan BUMD di Kota Tomohon.

Kepala Dinas Pangan Kota Tomohon Ir Jantje Ering dalam laporannya mengawali kegiatan ini mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

"Lomba ini juga untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis pangan lokal," katanya.


Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024