Tomohon, (AntaraSulut) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara memaksimalkan peran wadah usaha kesehatan sekolah (UKS) membina generasi muda sehat terhindar dari pengaruh buruk lingkungan sekitar.

"Dari sisi kelembagaan kita terus mewujudkan pembinaan pengembangan UKS secara terpadu dan terkoordinasi antara pemerintah kota dengan pemangku kepentingan lainnya," kata Sekretaris Daerah Kota Harold V Lolowang di Tomohon, Kamis.

Menurut dia, UKS merupakan wadah menginformasikan berbagai program terkait gizi, pencegahan penanggulangan napza, pengendalian penyakit, penyehatan lingkungan, promosi kesehatan, pengobatan sederhana serta kegiatan lainnya yang memberi dampak positif.

"Wadah ini menjadi penting dan strategis karena pelaksanaan program melalui UKS sangat efektif dan efisien dalam lingkungan sekolah," katanya.

Karena itu menurut dia, berbagai terobosan harus dilakukan untuk menggali dan memanfaatkan sumber daya secara optimal agar UKS ini benar-benar menjadi wadah strategis menyampaikan informasi.

"Hampir bisa dipastikan bahwa semua upaya kesehatan akan lebih cepat berhasil kalau dikembangkan di sekolah dan madrasah. Selain diadopsi oleh peserta didik sendiri juga akan disebarluaskan ke lingkungan keluarga peserta didik dan masyarakat sekitar," ujarnya.

Mantan asisten bidang administrasi umum itu berharap fasilitasi yang dilakukan pemerintah kota bersama-sama dengan unsur kecamatan, kepala puskesmas, kepala sekolah sekolah TK, SD, SMP, SMU serta Perangkat Daerah memunculkan komitmen bersama menciptakan siswa dan lingkungan sekolah sehat.

Kabag Kesra Laurensius Kawuwung menambahkan, fasilitasi dengan para pihak itu untuk mewujudkan pengembangan UKS secara terpadu dan terkoordinasi melalui kebijakan peningkatan peran tim pembina, penguatan komitmen dan kewajiban pemerintah dalam pengelolaan wadah ini.***4***





(T.K011/B/N005/N005) 27-07-2017 17:32:55

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024