Manado,  (AntaraSulut) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memperkuat peran insitusi penelitian dan pengembangan (Litbang) dalam mendorong pembangunan daerah.

"Kita dituntut dan diharuskan melakukan program research and development atau penelitian dan pengembangan. Karena dari dua hal ini menjadi titik awal kemajuan daerah," kata Gubernur Olly Dondokambey sebagaimana dikutip Kepala Bapelitbang dr Jemmy Lampus di Manado, Rabu.

Kemajuan satu daerah, lanjut Gubernur, akan meningkatkan daya saing satu wilayah dengan wilayah lainnya bahkan antarnegara.

"Penelitian, pengembangan, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi akan mempercepat pencapaian tujuan negara, serta meningkatkan daya saing dan kemandirian dalam memperjuangkan kepentingan negara dalam pergaulan internasional," ujarnya.

Karena itu, Gubernur berharap instansi badan penelitian dan pengembangan mampu menjalankan tugas-tugas yang terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

Ada beberapa tugas penting yang disandang institusi bapelitbangda yaitu penelitian, pengkajian, pengembangan, perekayasaan, penerapan, pengoperasian hingga evaluasi kebijakan, jelasnya.

Gubernur optimistis peranan bapelitbang dalam pencapaian program prioritas daerah akan semakin optimal jika semua prosedur dijalankan sebagaimana mestinya.

Gubernur yakin, dengan melakukan upaya dan langkah-langkah tersebut peranan dan kedudukan litbang akan menjadi solusi bagi setiap tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam merealisasikan program prioritas daerah.

"Bapelitbang harus menjadi motor dalam memberikan jalan keluar bagi setiap kebuntuan pembangunan daerah," harapnya.***2***



(T.K011/B/G004/G004) 19-07-2017 12:22:15

Pewarta : Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024