Manado, 12/7 (Antara) - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) mengharapkan produk kerajinan asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) harus otentik khas daerah.

"Produk kerajinan yang nantinya dihasilkan dan menjadi ikon Sulut harus original otentik," kata Wakil Sekretaris Jenderal Dekranas Ikhwan Asrin di Manado, Rabu.

Ikhwan mengatakan potensi di Sulut cukup besar dan masih perlu digarap lagi dan terus berinovasi tentunya.

"Karena kerajinan tanpa inovasi tidak akan mampu meningkatkan daya beli masyarakat," jelasnya.

Sehingga pihaknya meminta pengurus Dekranasda Sulut berperan aktif mengolah hasil sumber daya alam menjadi kerajinan unggulan.

"Kita harus menggali dan menghidupkan warisan dan kearifan lokal. Seperti serat abaka di Talaud bisa dibuat menjadi kerajinan," ujarnya.

Ikhwan juga mengajak seluruh kabupaten dan kota untuk berupaya meningkatkan kualitas kerajinan sehingga dapat diterima baik di dalam maupun luar negeri.

"Mari jadikan Dekranasda sebagai lembaga kredibel dan produk kerajinannya mampu menguasai dunia," tegasnya.

Diketahui Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

***3***



(T.KR-NCY/C/E008/E008) 12-07-2017 13:16:15

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024