Minahasa Tenggara, 10/7 (Antara) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Tenggara Rinny Tamuntuan mengakui, pelayanan kepada masyarakat menjadi prioritas dari pihaknya, khususnya Puskesmas.

"Pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya di Puskesmas itu sudah menjadi prioritas kami," kata Rinny di Ratahan, Senin.

Terkait adanya keluhan masyarakat terhadap pelayanan di salah satu Puskesmas, menurut Rinny pihaknya telah menindaklanjuti keluhan tersebut dengan memberikan pembinaan.

"Memang ada keluhan dari masyarakat, tapi kami sudah ditindaklanjuti dengan memberikan pembinaan kepada petugas byang ada di Puskesmas oleh pihak dinas. Meski memang itu hanya ada kesalapahaman saja," katanya.

Menurut Rinny, pihaknya selalu mengingatkan kepada seluruh petugas di Puskesmas agar lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.

"Makanya kami ingat-ingatkan kepada para petugas di Puskesmas agar bisa lebih memaksimalkan dan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. Karena kita juga saling membutuhkan satu sama lain," katanya.

Lebih lanjut kata Rinny, di Minahasa Tenggara mempunyai dua tipe Puskesmas, yakni memiliki fasilitas rawat jalan dan fasilitas rawat Inap.

"Khusus untuk rawat jalan pelayanannya hanya poli umum, dengan jam pelayanan terbatas. Sedangkan untuk rawat inap melayani 1 x 24 jam," katanya.

Lebih lanjut diungkapkan Rinny, jika masyarakat memiliki masalah gangguan kesehatan, dan perlu mendapatkan penananganan secara darurat dapat memanfaatkan Puskesmas yang memiliki pelayanan rawat inap.

"Jika di wilayahnya hanya ada Puskesmas rawat jalan, dan masyarakat perlu mendapatkan penananganan kesehatan secara darurat, bisa ke Puskesmas yang ada pelayanan rawat inap, atau ke rumah sakit terdekat sambil membawa kartu BPJS," katanya.

Lebih lanjut menurut Rinny, masyarakat juga dapat memanfaatkan pelayanan pos kesehatan desa (Poskesdes) yang dilayani oleh bidan atau perawat.

Sementara itu Puskesmas yang memiliki pelayanan rawat inap di Minahasa Tenggara yakni, Ratahan, Tombatu, Tambelang, Molompar-Belang, Basaan, Belang, Towuntu, dan Silian.

Sedangkan Puskesmas khusus melayani rawat jalan yakni, Posumaen, Touluaan, Molompar, Ratatotok.

Untuk rumah sakit rujukan dari Kabupaten Minahasa Tenggara yakni RSUP Ratatotok-Buyat, RSUD Noongan di Langowan, dan RSU Kalooran di Amurang.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024